Mohon tunggu...
Intan PratiwiS
Intan PratiwiS Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN BTV3

Universitas Jember

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Bangkitkan UMKM di Masa Pandemi dengan Pengembangkan Strategi Pemasaran

31 Agustus 2021   19:50 Diperbarui: 31 Agustus 2021   19:56 113 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kuliah kerja nyata atau yang biasa disebut dengan KKN merupakan suatu program yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi, tujuan utamanya yaitu sebagai bentuk pengabdian mahasiswa-mahasiswa kepada masyarakat. Program ini diharapkan dapat meningkatkan jiwa sosial mahasiswa, sehingga dapat menyukseskan pembangunan  dan pengembangan masyarakat. Pada tahun ini, perguruan tinggi Universitas Jember ( http://unej.ac.id) juga sedang menjalankan program kuliah kerja nyata back to village periode 3 yang diikuti oleh 3707 mahasiswa yang berasal dari seluruh Indonesia. Salah satu wilayah yang menjadi tempat mahasiswa Universitas Jember menjalankan program kuliah kerja nyata back to village 3 ini adalah desa Kalibaru Wetan, yang berada di Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi. Masyarakat desa Kalibaru Wetan mayoritas bekerja di sektor pertanian, karena memang wilayah desa ini banyak memiliki lahan perkebunan. Namun tak sedikit juga masyarakatnya yang bekerja di sektor industri terutama industri rumah tangga, keberadaan industri ini juga berpengaruh pada perekonomian masyarakat desa. Mayoritas masyarakat yang menggeluti sektor industri ini adalah para ibu rumah tangga dan ada berbagai macam kegiatan yang dikelola.

Disini penulis berupaya untuk mengembangkan potensi dalam bidang industri masyarakat terutama industri rumah tangga. Sebab sektor ini merupakan salah satu peluang yang menjanjikan, mengingat permintaan pasar saat ini juga tak sedikit. Berdasarkan hasil wawancara yang penulis lakukan dengan Kepala Desa, Kalibaru Wetan memang salah satu desa yang bisa berkembang dengan adanya sektor industri yang dijalankan oleh para masyarakat. Melalui hak tersebut perekonomian masyarakat bisa semakin meningkat. Kemudian berdasarkan wawancara yang penulis lakukan dengan beberapa pelaku UMKM di desa Kalibaru Wetan ini menuturkan bahwa usaha yang dijalankan tersebut merupakan bisnis rumahan yang mereka kelola sendiri. Latar belakang berdirinya usaha ini karena adanya kebutuhan pasar dan juga sebagai suatu bentuk  kegiatan sampingan untuk meningkatkan ekonomi keluarga.

dokpri
dokpri
Namun sejak perkembangan virus covid-19 di Indonesia pada bulan Januari 2020 lalu membuat segala aspek kehidupan masyarakat ikut terpengaruh, sebab semenjak adanya wabah ini kegiatan masyarakat menjadi sangat dibatasi sehingga setiap orang diharapkan untuk sebisa mungkin mengurangi aktifitas di luar rumah. Salah satu hal yang pastinya juga mengalami dampak dengan adanya virus covid 19 ini yaitu pada sektor industri rumah tangga ini, hal tersebut membuat produksi dari industri rumah tangga menjadi berkurang sebab permintaan pasar juga semakin sedikit. Otomatis dengan begitu omset yang mereka dapatkan dari produk industri tersebut semakin berkurang. Apa lagi masih banyak pelaku UMKM tersebut yang masih memasarkan produk mereka dengan cara dijual secara langsung, sehingga informasi yang bisa masyarakat dapatkan mengenai produk cukup minim.

Oleh karena itu disini penulis memilih program mengenai pemberdayaan wirausaha masyarakat terdampak covid 19, dan berupaya untuk menggali informasi mengenai industri rumah tangga masyarakat desa Kalibaru Wetan. Program yang telah dipilih lebih difokuskan untuk meningkatkan strategi pemasaran produk UMKM masyarakat terdampak covid 19, sehingga diharapkan program yang dibuat akan bisa membantu khususnya untuk para pelaku UMKM agar bisa memasarkan produknya dengan lebih luas melalui jaringan mitra atau pun melalui internet. Selain program ini juga bertujuan untuk menambah jumlah informasi yang bisa didapatkan mengenai produk, jadi para konsumen bisa lebih mudah apabila ingin melakukan pembelian atau tentang bahan dasar yang digunakan dalam pembuatan produk. Disini penulis berharap program kerja yang dilaksanakan ini dapat menjadi salah satu bentuk dukungan terhadap pelaku usaha terdampak covid-19 di desa Kalibaru Wetan sehingga dapat meningkatkan penjualan produk hasil industri rumah tangga.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan