Mohon tunggu...
Intan Maratus Solikhah
Intan Maratus Solikhah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

seseorang yang suka banyak hal

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Bahasa Indonesia sebagai Pemersatu Bangsa

28 Oktober 2021   14:45 Diperbarui: 28 Oktober 2021   14:54 100 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bahasa Indonesia Sebagai Pemersatu Bangsa 

Sumpah pemuda merupakan janji para pemuda yang diucapkan saat kongres pemuda II di Jakarta. Peristiwa sumpah pemuda merupakan sejarah penting bagi keberadaan bangsa Indonesia sebagai tonggak sekaligus tapak sejarah yang sangat penting. Kita sebagai pemuda bangsa indonesia turut andil dalam memeriahkan sumpah pemuda sebagai bentuk cinta kepada tanah air indonesia.

Perkembangan bahasa Indonesia banyak digunakan di negeri ini berkembang dari jaman ke jaman. Bahasa Indonesia memiliki perang penting dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Perannya tampak dalam kehidupan bermasyarakat di berbagai wilayah tanah tumpah darah Indonesia. Bahasa merupakan komunikasi penghubung antara aspek kehidupan, kebudayaan, termasuk pengembangan bahasa-bahasa daerah.

Keberagaman bahasa daerah di Indonesia membutuhkan satu bahasa sebagai pemersatu , yaitu Bahasa Indonesia. Peran bahasa indonesia untuk membangun karakter bangsa untuk menciptakan generasi yang cerdas dan tumbuh berkembang, perkembangan masyarakat saat ini terjadi perubahan pada bidang ilmu teknologi perkembangan ilmu teknologi membuat bahasa indonesia kehilangan jati diri seperti hal nya barang-barang teknologi yang datang ke Indonesia. Keadaan ini membuat perubahan gaya hidup dan perilaku masyarakat dalam bertindak dan berbahasa. Masyarakat banyak lebih suka menggunakan bahasa asing di setiap kesempatan yang katanya lebih keren dan gaul.

Fungsi bahasa Indonesia dalam pemersatu bangsa yang dimana pernyataan sikap "Bertanah air satu tanah air Indonesia berbangsa satu bangsa Indonesia dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia" dalam sumpah pemuda 28 Oktober 1928. Ini merupakan perwujudan politik bangsa Indonesia sebagai bahasa persatuan (Nasional) bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia dalam pembangunan bangsa, sebagai prisai pemersatu untuk dijadikan sumber permasalahan bangsa kareka digunakan sebagai bahasa resmi kenegaraan dalam memajukan pembangunan masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan.

Dalam kehidupan bermasyarakat menggunakan bahasa asing sangatlah lebih menarik katanya. Tapi fakta membuat bahwa semakin banyak orang menggunakan media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan Line menuntun mereka untuk menggunakan bahasa asing dengan alasan cukup simpel lebih keren dan lebih menarik jika dipandang, seakan-akan bahasa asing dibuat mereka sebagai bahasa ke dua dalam kehidupan bersosial media. Penggunaan bahasa asing semakin mendapat tempat di kehidupan masyarakat Indonesia. Saat ini tempat pusat belanja, apartemen atau hotel, toilet dll memberikan peluang menggunakan bahasa asing di tempat tempat-tempat tersebut pastinya ada di sisipkan sedikit bahasa asing sebagai penunjang mempermudah pengunjung memahami.

 Hal seperti itulah yang membuat bahasa asing sangat populer digunakan di jaman sekarang, sungguh sangat sedih melihat perkembangan bahasa indonesia. Apalagi jika kembali melihat sejarah sumpah pemuda bagaimana perjuangan mempertahankan bahasa persatuan, bahasa indonesia hingga sekarang. Sebagai penerus bangsa Indonesia wajib sadar tentang pentingnya bahasa Indonesia ini. Kita harus bisa membudayakan bahasa dalam kehidupan sehar-hari dan hal termudah yang bisa dilakukan adalah menggunakna bahasa indonesia yang baik dan benar dalam setip kesempatan. Jadikanlah bahasa Indonesia sebagai lat pemersatu bangsa sehingga perjuangan pada zaman dahulu tidak sia-sia begitu saja.

Jadikanlah bahasa Indonesia sebagai bahasa yang harus wajib digunakan saat komunikasi dalam segala bentuk komunikasi, dalam acara resmi dan tidak resmi menggunakan bahasa Indonesia semua. Dengan itu kita membuat cara agar bahasa Indonesia dapat diterima masyarakat dengan cara mensosialisasikan bahasa Indonesia di lingkungan kehidupan bermasyarakat agar orang-orang paham dan mengetahui pengetahuan tentang betapa pentingnya bahasa Indonesia.

Selain mewujudkan semangat Sumpah Pemuda kita bersama meramaikan sumpah pemuda yang sebentar lagi pada Oktober ini dan turut membacakan seperti halnya waktu saat SD menghafal sumpah pemuda dan membacakannya di depan kelas seperti itulah cara kita mengingkrarkan bahasa indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa kita. Sumpah Pemuda "Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia." Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia." Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia."

Salah satunya yaitu dengan berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia yang berikarkan budaya Indonesia, dengan bertambahnya perkembangan zaman akan semakin kritis untuk berbahasa Indonesia adalah budaya Indonesia, dan ikrar kita untuk bersatu dengan membawa bahsa Indonesia sebagai bahasa internasional.

Kita sebagai pemuda harus menjunjung tinggi bahasa Indonesia di manapun berada dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar agar lapisan masyarakat dapat menerima, karena bangsa ini memerlukan pemuda yang tangguh dan berani dalam mengambil keputusan siapa lagi kalau bukan kita yang menjunjung tinggi bahasa Indonesia agar di tiru kepada cucu anak kita kelak.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan