Mohon tunggu...
Intan Hana
Intan Hana Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Lika-liku SMAN 16 Bekasi

5 Agustus 2017   15:33 Diperbarui: 5 Agustus 2017   15:37 486
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Perkenalkan nama saya INTAN HANA DAMAYANTI

Asal sekolah saya dari SMP HUTAMA

Saya dari kelas X.A.6 SMAN 16 BEKASI

Baik,saya akan menceritakan perjuangan saya masuk SMAN 16 BKASI ini.

Awalnya,saya sangat ingin sekali masuk SMA yg NEGERI.namun, ketika saya mendapatkan hasil ujian saya tidak sesuai dengan yang saya inginkan.rasanya sedih sekali mendapatkan hasil tidak sesuai dengan keinginan.saya bingung,bimbang memikirkan kerna apa bisa hasil segitu masuk SMA NEGERI.cari-cari informasi di SMAN 16 dan keesokan harinya saya langsung datang langsung ke 16.dan sebeum jalur akademik,ternyata ada jalur non akademik,tipe dalam jalur non akademik itu terbagi menjadi 3 yaitu: jalur afirmasi,zonasi dan prestasi.karna kebetulan rumah saya hamper dekat dengan 16.jadi,saya putuskan untuk mengikuti jalur zonasi,karna kemungkinan besar bisa masuk.aamiin.dan umtuk jalur zonasi ada tambahan point sesuai wilayahnya masing-masing.untuk 1 kelurahan = 40 point,1 kecamatan = 30 point,1 kota = 20 point,1 provinsi = 10 point.dan untuk wilayah rumah saya itu masih 1 kecamatan,kota,provinsi. Jadi saya mendaptakan tambahan nilai itu 60 point berdasarkan wilayah rumah saya. Kemudian,lain hari berikutnya saya dating kembali ke 16,untuk mengetahui informasi apa saja yang dibutuhkan jika ingin ikut dalam jalur non akademik.dan, untuk pendaftaran jalur non akademik dilakukan pada tanggal 6-10 juni 2017,pukul 08:00 s/d 14:00 wib.syarat-syarat yang dibutuhkan ialah : f.c SKHUN,NISN,KTPorangtua,AKTE,DAN KARTU KELUARGA.

            Dan,okelah pada tgl 6 juni 2017 saya dating kembali untuk melakukan pendaftaran,begitu juga menyerahkan berkas/syarat itu.masuklah saya ke ruang informasi untuk menyerahkan semua berkas itu. Dan ternyata dalam syarat itu ada tambahan lagi,yaitu: SKHUN,NINS,KTPorangtua,AKTE,KK dan formulir prndaftaran.semua syarat itu harus di scan yang saslinya dan dicopy ke CD,dan untuk fotocopyannya dibedakan dalam 2 map,bagi wanita mapnya berwarna merah.dan untuk aslinya pun dibawa kesekolah dengan mapwarna bebas.untuk memenuhi syarat itu,saya kembali ke rumah.

            Pada tgl 7 juni 2017 kembalilah saya untuk menyerahkan semua syarat yang ditentukan kemarin.okelah sampai di 16,saya langsung memasuki ruang 2 atau ruang validasi pengecekan berkas.oke,mengantri lah saya di antrian jalur zonasi dengan menunggu sesuai antrian.setelah menunggu kurang lebihny 2 jam untuk menunggu antriannya ,karna yang daftar juga sangat banyak.saya datang siang,sekitar pukul 11:30 wib.okelah kemudian nama saya pun dipanggil,kemudian saya segera menunjukan syaratnya begitu pun CDnya.dan ternyata dan ternyata CDnya itu tidak bisa dibuka foldernya yg sudah di scan.karna CD yg bawa saya itu Salah.jrengggg,rasa yang kesal pun muncul,tapi sabar aja lah.kemudian orangtua saya bertanya kepada bapak panitianya "apakah boleh menggunakan Flashdisk pak?"dan bapak panitia itu menjawab"boleh saja,asal bisa ditinggal Flashdisknya" dan okelah,karna kmrin tidak di beritau agar membawa CD apa namanya,jdi saya asal beli CD aja.kebetulan sudah hamper jam 14:00. WIB.akhirnya saya kembali ke rumah.

            Keesokan harinya tgl 8 juni 2017 ,kembalilah saya & menunggu antrian kembali.dan jam 11:00 WIB.kemudian,nama saya di panggil dan saya menemui bapak panitia jalur zalur zonasi kemarin itu lagi.singkat cerita,dipanggilah nama saya kembali.oke segeralah saya menunjukan berkas dan foldernya begitupun dengan Flash disknya.dan saya bertanya lah "ini pak boleh kan pake flashdisk ya ? Bapak itu pun menjawab " aduh nak kalo pake flashdisk gabisa,takut nantinya folder scannya gabisa di buka.saya pun menjawab kembali "kata bapak kmrin boleh pake Flashdisk,gapapa ko kalo di tinggal pak."dan bapak itu menjawab lagi "tidak,sudah besok kamu pakai CD Rw salin ke CD itu."  Saya dan orangtua mencoba menahan rasa kesal,mencoba sabar karna puasa,sabar.dan waktu menunjukkan pukul 1 siang.dan saya kembali ke rumah.

            Tgl 9 juni 2017,saya kembali lagi menyerahkan syarat-syarat itu berikut dengan CD RWnya,.dan okelah akhirnya bisa juga kebuka foldernya,dan ternyara ada satu syarat yang belum di scan yaitu KARTU UN.jrenngggg harus sabar lagi padahal udh mendekati hari penutupan pendaftaran.karna tidak diinformasikan oleh panitia di ruang informasi pada waktu itu.jdi saya pun tidak tau.sabar dan coba harus sabar lagi.semoga banyak hikmah menanti setelah hari ini untuk kedepannya.karna KARTU UN saya masih ada di sekolah SMP,kebetulan juga pada tgl 9 juni itu hari jumat tepat jam 12 semua panitia PPDB JALUR NON AKADEMIK SMA 16,semuanya sholat jumat.dan okleah saya kembali ke sekolah SMP dulu dan itu sudah pukul 13:00.dan beruntunglah saya akhirnya bisa diambil,ya walaupun udh mau tutp gerbang sekolahnya.hehe.dan waktu tidak memungkkinkan untuk bisa kembali dtg ke 16 karna sudah jam 14:00.jadi saya pulang kerumah dan besok harus kembali pagi ke 16.supaya tidak mendapatkan antrian yg lama,karna besok terakhir gaisss penutupan lhoo.dagdigdugderrrrrrrrr.

            Dan okelah,hari terakhir pendaftaran tgl 10 juni 2017.sya datang kembali untuk menyerahkan syarat-syarat begitu juga CD RW yg sudah full folder format scannya,insyaallah. Berdoa terus semoga aja bisa.kemudian nama saya di panggil.bismillah semoga tidak salah lagi dan tidak ada masalah lainnya. " ini pak,saya ingin menyerahkan syarat-syarat ini,juga dengan CD rw  yg saya bawa.dannn,diceklah seling di cek saya pun berdoa dalam hati semoga benar dan tidak salah lagi.dan,jreng jreng jreng...... Alhamdulillah bisa kebuka dan full syaratnya. Dan Alhamdulillah pendaftaran saya diterima,bersyukur sangat bersyukur.selama ini bolak balik menghasilkan yang baik dan tidak sia-sia.ya walaupun hari terakhir baru bisa keterima daftarnya. Walaupun rintangan banyak sekali.dan sebelum saya beranjak pulang di informasikan kembali,agar datang ke SMA 16 pada tgl 16 juni 2017 jam 07: 00.untuk melihat pengumuman hasil seleksinya,karna yang daftar juga banyak.walaupun tidak pendaftaran lagi,tapi masih sedikit kepikiran apa bisa masuk dalam seleksi itu.dan saya mencoba sabar,berdoa,yang penting sudah berusaha semaksimal mungkin,jika memang hasilnya bagaimana pun harus tetap di syukuri.semoga saja tidak sia-sia aamin

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun