Mohon tunggu...
Intan Fitrianingrum P
Intan Fitrianingrum P Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Pentingnya Media Pembelajaran Interaktif Guna Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

29 April 2022   10:31 Diperbarui: 10 Mei 2022   15:49 106 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
smkpgri1kotabogor.sch.id

Pendidikan dalam proses kehidupan artinya suatu kebutuhan yg wajib dipenuhi. Pendidikan juga merupakan salah satu hal yg wajib dipersiapkan oleh setiap manusia dalam mempertinggi martabat, derajat dan kemampuan diri manusia. 

Pendidikan juga dilakukan buat menyempurnakan perkembangan individu karena pendidikan merupakan aktivitas yg bersifat kelembagaan (seperti sekolah serta madrasah) yg digunakan pada menguasai perilaku, pengetahuan, norma, serta sebagainya. (Syaiful Sagala, 2013)

Sesuai dari tujuan pendidikan nasional yg tertera dalam pasal 3 Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan serta menghasilkan tabiat dan peradaban bangsa yg berguna dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan bertujuan mengembangkan potensi peserta didik, 

agar menjadi manusia yg beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan sebagai masyarakat negara yg tanggung jawab. (Sisdiknas, 2013)

Pendidikan memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari, khususnya pendidikan pada bidang matematika, yg merupakan salah satu pendidikan wajib yg terdapat dalam pendidikan formal, serta memiliki kelengkapan pembelajaran yg mencukupi, menjadikan aktivitas belajar mengajar bisa berjalan sinkron dengan kompetensi dasar yg diharapkan (Nanang Supriadi, 2015). 

Matematika merupakan mata pelajaran yg diberikan pada seluruh jenjang pendidikan, sebab matematika dikatakan merupakan induk dari semua pengetahuan. Baik dalam bidang teknologi maupun kehidupan sehari-hari, kita selalu berhubungan menggunakan angka-angka dan ilmu matematika (Rubhan Masykur, 2017). 

Konsep matematika pada kehidupan sehari-hari sangat diperlukan untuk membantu menyelesaikan masalah, selain itu untuk membantu peserta didik dalam menguasai konflik sosial, ekonomi, serta alam (Bambang Sri,2015). Terkait dengan hal itu, masih beraneka macam masalah yg harus diselesaikan buat mewujudkan kualitas pembelajaran matematika menjadi berjalan lebih baik lagi.

Kemajuan teknologi yg berkembang sangat cepat serta pesat dalam kehidupan saat ini adalah sesuatu yg tidak bisa dihindari. Kemajuan teknologi, bisa kita alami diberbagai bidang, salah satu pada bidang pendidikan yg mengalami perubahan yg sangat besar. 

Saat ini, guru bukan sebagai satu-satunya sumber ilmu pengetahuan bagi peserta didik. Munculnya internet serta media elektronik yg bisa diakses peserta didik dengan praktis membuat peserta didik bisa belajar dimana saja serta kapan saja tanpa harus didampingi oleh guru (Budi Agus, 2013). 

Perkembangan teknologi ini bisa dimanfaatkan pada pembelajaran, contohnya manfaatkannya menjadi media pembelajaran yg digunakan untuk memberikan materi pembelajaran di dalam kelas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan