Mohon tunggu...
Intan Dwi Cahyani
Intan Dwi Cahyani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Intan

Mahasiswa Universitas Ngudi Waluyo

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Fungsi Manajemen Pendidikan Dalam Lingkup Sekolah

11 Mei 2022   21:28 Diperbarui: 11 Mei 2022   21:33 1770
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Manajemen Pendidikan sangatlah  penting kedudukannya dalam upaya untuk  meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar, kuhususnya di masa pandemi Covid 19 seperti yang sedang kita alami saat ini. Berbagai upaya dan usaha telah dilakukan pemerintah untuk dapat meningkatkan kualitas pendidikan dengan tetap mempertimbangkan protokol kesehatan yang sesuai dengan Syarat dan Ketentuan yang telah di anjurkan pemerintah. Berbagai macam hambatan, kesulitan, dan keterbatasan telah dihadapi dalam proses belajar mengajar, mulai dari faktor peserta didik, keluarga peserta didik, maupun sarana dan prasarana yang kurang memadai,namun kementrian pendidikan dan kebudayaan (kemendikbud) tetap selalu menginstruksikan seluruh pendidik di semua jenjang pendidikan agar dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dari rumah baik untuk siswa maupun mahasiswa.Oleh karena itu, peran tenaga pendidik sangatlah dibutuhkan dalam memanage atau mengelola proses pembelajaran mulai dari hal perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating) dan evaluasi (evaluating) dalam rangka untuk dapat  meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar di masa pandemi covid 19 saat ini,hal ini dapat  berupa implementasi pembelajaran jarak jauh (PJJ) dalam jaringan (daring) maupun luar jaringan (luring).
Menurut Handoko (2012:8) manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha- usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan
Menurut Syarif "1976:7" Manajemen Pendidikan berarti Segala usaha bersama untuk mendayagunakan sumber-sumber "personil maupun materiil" secara efektif dan efisien untuk menunjang tercapainya pendidikan.
Menurut Sutisna "1979:2-3"Manajemen pendidikan merupakan keseluruhan "proses" yang membuat sumber-sumber personil dan materiil sesuai yang tersedia dan efektif bagi tercapainya tujuan-tujuan bersama. Ia mengerjakan fungsi-fungsi dengan jalan mempengaruhi perbuatan orang-orang.
Jadi dapat disimpulkan bahwa,manajemen pendidikan secara umum dapat diartikan sebagai suatu bentuk  proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan dalam upaya mengelola sumber daya yang dapat berupa man, money, materials, method, machines, market, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan pencapaian tujuan pendidikan yang efektif dan efisien.  Sehingga manajemen pendidikan atau administrasi sekolah tidak hanya berkaitan dengan bagaimana tata usaha sekolah tetapi juga berkaitan dengan semua kegiatan yang ada di sekolah baik tentang materi perencanaan, kepemimpinan, kurikulum dan  bagaimana yang telah diatur dalam menciptakan suasana terselenggaranya kondisi belajar mengajar yang baik untuk dapat mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan. Dalam menjalankan manajemen pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan yang baik dan bermutu maka juga dibutuhkan tenaga pendidik  yang harus memiliki pemahaman yang luas tentang pelaksanaan dan tujuan pendidikan dalam suatu sekolah.
Oleh karena itu peran manajer manajemen pendidikan yaitu kepala sekolah dan juga Guru sangatlah penting dalam upaya pengelolaan Suatu manajemen pendidikan,segala upaya yang dikelola dalam proses pembelajaran tentunya harus disusun terlebih dahulu secara jelas agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan di kemudian hari,maka dari itu Manajemen pendidikan sendiri mempunyai beberapa fungsi,dan Fungsi Manajemen Pendidikan harus dapat  diterapkan oleh setiap lembaga Pendidikan ,terutama lembaga pendidikan formal.dengan itu sistem pendidikan yang dijalankan dapat bekerja secara teratur dan terarah.adapaun fungsi-fungsi dari manajemen pendikan yaitu:
Menurut  Harold Konntz dan Cyril O'Donnel mengemukakan lima fungsi manajemen yang mencakup:
(1)Planning(Perencanaan)
(2)Organizing(Pengorganisasian)
(3)Staffing(Penentuan staf)
(4)Directing(Penentuan staf)
(5)Controling(Pengawasan)
Sedangkan menurut Pendapat L.Gullick fungsi manajemen Pendidikan yaitu:
(1)Planning(perencanaan)
(2)Organizing(Pengorganisasian)
(3)Staffing(Penentuan Staf)
(4)Directing(Pengarahan)
(5)Coordinating(Pengkoordinasian)
(6)Teorting(Pelaporan)
(7)Budgeting(Penganggaran).
Dengan demikian fungsi dari manjemen Pendidikan dapat diartikan sebagai berikut:
1) Perencanaan
Perencanaan program pendidikan memiliki dua fungsi utama, yaitu :
Perencanaan merupakan usaha yang dilakukan secara sistematis  yang bertujuan untuk dapat menggambarkan bagiamana proses suatu rangkaian tindakan yang akan dilakukan untuk dapat  mencapai tujuan organisasi atau lembaga dengan harus mempertimbangkan sumber-sumber yang telah tersedia atau sumber-sumber yang dapat disediakan.
Perencanaan merupakan rangkaian urutan penyusunan Pembelajaran yang secara sistematis dalam suatu rencana pembelajaran yang akan digunakan.
2) Pelaksanaan
Pelaksanaan merupakan suatu bentuk  kegiatan untuk dapat mewujudkan suatu rencana menjadi sebuah tindakan yang  nyata dalam rangka untuk dapat mencapai tujuan secara efektif dan efisien, dan akan dapat memiliki nilai positif jika dilaksanakan dengan efektif dan efisien.
3) Pengawasan
Pengawasan dapat diartikan sebagai upaya untuk dapat melihat  secara sistematis dan berkesinambungan,merekam,memberi penjelasan,memberi suatu petunjuk,memberi pembinaan dan meluruskan berbagai hal yang kurang tepat, serta memperbaiki kesalahan, dan merupakan kunci keberhasilan dalam keseluruhan proses manajemen suatu pendidikan.
4.)Pembinaan
Pembinaan merupakan suatu rangkaian usaha  pengendalian secara profesional di dalam semua unsur organisasi,Pembinaan dapat berfungsi sebagaimana mestinya sehingga rencana untuk mencapai tujuan dapat terlaksana secara efektif dan efisien.dari penjelasan fungsi manajemen pendidikan diatas dapat disimpulkan bahwa suatu manajemen pendidikan dapat dikatan berhasil apabila dapat melaksanakan fungsinya dengan baik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun