Mohon tunggu...
Intan Delia TP
Intan Delia TP Mohon Tunggu... Intan

S1 Pendidikan Biologi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

TIM PKM Jurusan Biologi Gelar Workshop Aplikasi dan Platform Pembelajaran Daring bagi Guru IPA

11 Oktober 2020   21:37 Diperbarui: 11 Oktober 2020   21:40 191 2 0 Mohon Tunggu...

Pandemi COVID 19 memberikan dampak bagi terlaksananya proses pembelajaran di Indonesia. Sebagaimana Surat Edaran Mendikbud No. 36962/MPK.A/HK/2020, pelaksanaan pembelajaran tatap muka di sekolah diganti dengan metode pembelajaran daring dari rumah bagi siswa yang tinggal di daerah terdampak COVID-19. Semua proses pembelajaran dilakukan  secara daring tanpa terkecuali. Kondisi ini menuntut guru menciptakan pembelajaran daring melalui proses adaptasi secara cepat dan cenderung mendadak dengan menggunakan platform pembelajaran daring sehingga memungkinkan guru dan siswa dalam belajar. Berbagai kesulitan dialami oleh guru dalam mengelola kelas daring yaitu kesulitan mengontrol kehadiran siswa, penyampaian materi yang tidak bisa maksimal, perbedaan persepsi dengan siswa terhadap materi yang telah disampaikan, serta pembelajaran dua arah menjadi lambat.

Menjawab keresahan dan kesulitan para guru, TIM PKM Jurusan Biologi menyelenggarakan workshop daring bertajuk ''Pengenalan Berbagai Aplikasi dan Platform Pembelajaran Daring Bagi Guru IPA/Biologi" via teleconference with zoom dilanjutkan dengan pendampingan selama satu bulan melalui whatshapp group. Kegiatan ini mendapat antusiasme yang tinggi dari para peserta. Menurut Firas Khaleyla, M.Si selaku Ketua PKM penyelenggara kegiatan pada hari pertama Sabtu (08/08) peserta yang ikut berjumlah 135 orang dari berbagai daerah di Indonesia. Materi workshop memberikan bekal bagi para guru, materi yang kami paparkan berupa filosofi pembelajaran daring, pengelolaan kelas jarak jauh dengan google classroom, pembelajaran daring dengan Edmodo, Schoology untuk distance learning, Aplikasi Teleconference untuk Substitusi Pembelajaran Tatap Muka, imbuh Dra. Wisanti, M.S selaku anggota TIM PKM Jurusan Biologi.

"Tujuan kami mengadakan workshop pengenalan platform ini adalah untuk menjawab permasalahan para guru yang mengeluhkan kurang bervariasinya platform pembelajaran daring yang digunakan selama Pandemi Covid 19," ujar Reni Ambarwati,M.Sc. Selain kami memberikan materi pengenalan platform pembelajaran kepada Bapak Ibu guru yang mendaftar pelatihan, kami juga memberikan pendampingan tugas terstruktur yang diberikan untuk mengelola kelas selama pembelajaran daring. Banyak sekali variasi pembelajaran yang diciptakan oleh Bapak Ibu Guru. Banyak yang menggunakan platform Google Classroom, disusul Edmodo dan Schoology, ujar Dwi Anggorowati Rahayu, M.Si selaku tim anggota PKM Jurusan Biologi.

Sementara itu, Nilam Nilam Novianti, S.Pd (peserta dari SMAN 1 Sembakung), setelah mengikuti pelatihan online kemaren saya dapat banyak ilmu yg bermanfaat untuk pembelajaran saya saat ini dan kedepannya. Lewat pelatihan  online ini, saya lebih banyak tau aplikasi daring baik dari kelebihan maupun kekurangannya. Modul pelatihan juga dikemas dengan sangat baik sehingga peserta bisa memahami tutorial yang diajarkan lewat modul tersebut. Harapan kedepannya, semoga pelatihan seperti ini terus dilaksanakan dengan topik yang lebih menarik khususnya dalam perkembangan kemajuan teknologi saat ini. Menurut Nilam, sebagai guru diwilayah 3T, pelatihan online ini sangat membantu kompetensi saya sebagai guru diperbatasan., Perwakilan MGMP Kabupaten Nganjuk berterima kasih kepada penyelenggara karena telah dibimbing dalam merancang pembelajaran daring yang menyenangkan. Dengan pembimbingan ini, pembelajaran akan terus berkembang dan menuju ke arah kesempurnaan.

webinar2-5f831705d541df0e061f0b94.jpg
webinar2-5f831705d541df0e061f0b94.jpg
Eva Kristinawati Putri, M.Si menjelaskan hampir semua peserta puas dan antusias mengikuti pelatihan pengenalan platform hingga penyelesaian tugas terstruktur. Dari pelatihan ini pun Tim PKM kami juga telah menghasilkan modul platform pembelajaran daring. Oleh karena itu, kegiatan workshop ini diharapkan dapat menyenangkan dan menjaga agar pembelajaran tetap menyenangkan serta Bapak Ibu guru terus semangat berkreasi menciptakan pembelajaran daring yang menyenangkan bagi guru sendiri dan siswa.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x