Mohon tunggu...
Intan Sutari
Intan Sutari Mohon Tunggu... Tulisan baik berasal dari tulisan amburadul yang terus diperbaiki. Konsisten menambah jam tayang!

Konsisten belajar menulis, temukan aku di intansutari23.blogspot.com atau intancutari98@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Ikan Pembawa Ketenangan

21 Oktober 2020   16:44 Diperbarui: 21 Oktober 2020   16:54 54 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ikan Pembawa Ketenangan
Sumber : Tokopedia

Pandemi covid 19 ini memunculkan berbagai trend baru di masyarakat. Berawal dari trend sepeda untuk berolahraga dilanjutkan dengan trend menanam tanaman hias. Semua dilakukan untuk menurunkan tingkat kebosanan selama #Dirumahsaja. 

Saat trend sepeda booming produsen mengeluarkan model sepeda terbaru guna untuk kenyamanan pengendara. Harga dari sepeda juga beragam dan semakin melambung. Untuk sepeda gunung dibandrol dari 1jutaan hingga puluhan juta. 

Trend tidak hanya berkembang di kalangan masyarakat biasa namun juga dikalangan artis hingga pejabat. Di sosial media mereka membagikan kegiatan bersepeda meskipun hanya sebatas wilayah komplek tempat tinggal. 

Berlanjut trend berikutnya yaitu kegiatan menanam tanaman hias sekitar rumah. Ragam jenis tanaman rumahan mulai bermunculan hingga penamaan tanaman yang terkesan lucu. 

Orang-orang membuat nama baru pada setiap tanaman seperti janda bolong, janda muda, janda kecil dan lainnya. Peluang adanya kegiatan menanam dilirik oleh pemilik usaha untuk memunculkan kreasi baru. Kreasi pot bunga tidak hanya dari plastik saja, UMKM membuat pot dari serabut kelapa agar lebih ramah lingkungan.

Beberapa waktu lalu muncul trend baru lagi yaitu memelihara ikan hias. Trend yang sedang berkembang ini menjadi anugerah bagi pedagang ikan hias. Dapat diprediksikan penjualan mereka akan melonjak tajam. Tetapi apakah ikan hias ini akan berlangsung lama ataukah seperti trend sebelumnya yang hanya sesaat saja?

Dilihat dari sudut pandang kegunaan, ikan hias menjadi kebutuhan tersier yang tidak urgent untuk dilakukan. Dari segi pengelolaan harus diakui membutuhkan waktu, tenaga dan budget tertentu untuk perawatannya. 

Alih-alih mengikuti trend tak terlalu menguntungkan, yang ada malah merepotkan. Ikan hias merupakan hewan air yang memiliki kesempatan untuk hidup layak. Setidaknya jika tidak mampu dalam hal perawatan maka harus mempertimbangkan secara matang.

Berikut ini dapat menjadi alasan yang dapat menguatkan untuk memulai merawat ikan hias di rumah :

1. Hiasan,

Ikan hias dapat digunakan untuk menambah ornamen dalam ruangan. Perlu sebuah anggaran dana untuk menghadirkan suasana rumah yang adem. Pengadaan akuarium yang cukup menguras budget rumah tangga menjadi alasan utama mengurungkan niat memelihara ikan hias. Solusinya dimulai dengan membeli akuarium kecil, atau juga menggunakan kaca bekas di rumah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x