Mohon tunggu...
Intanaulia
Intanaulia Mohon Tunggu... Lainnya - Hello ツ

The More Grateful I'm, The More Beauty I See

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKM - DR 2021/2022 UIN Malang: Belajar Mengaji di Masa Transisi Pandemi Covid-19

27 Januari 2022   09:04 Diperbarui: 27 Januari 2022   09:37 115 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Salah satu program kerja KKM-DR yang saya laksanakan di Perumnas Kepanjen II RT. 26 RW. 05 Desa Talangagung Kepanjen adalah memfokuskan pada belajar membaca Al-Qur’an dengan metode iqra’ yang bertempat di kediaman salah satu tokoh masyarakat RT. 26 yaitu orang tua saya sendiri.

Belajar membaca Al-Qur’an dengan metode iqra’ di rumah orang tua saya sudah dimulai sejak beliau menempati rumah ini lebih tepatnya sekitar tahun 1998, sehingga sampai saat ini sudah ada puluhan alumni santri yang diasuh oleh orang tua saya.

Program belajar membaca Al-Qur’an ini diikuti oleh kurang lebih 15 anak dari berbagai kalangan umur mulai dari umur 4 tahun (setingkat TK) sampai umur 15 (setingkat SMP) dan pembelajaranya mulai dari iqra’ 1 sampai dengan iqra’ 5, ada juga yang sudah bisa membaca Al-Qur;an.

Pada program KKM yang kebetulan saya laksanakan di RT saya sendiri, selain belajar membaca Al-Qur’an juga mendapatkan tambahan belajar, seperti:

a) tajwid dan Gharib

b) hafalan surat-surat pendek

c) hafalan bacaan-bacan sholat

selain itu saya juga membimbing dan membantu para santri untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolah yang dilaksanakan setelah belajar  membacaAl-Qur’an (mengaji) dengan fasilitas wifi gratis.

Belajar membaca Al-Qur’an di rumah orang tua saya dilaksanakan setiap hari kecuali hari minggu dan waktunya ba’da maghrib sampai selesai, serta tidak lupa menaati protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah.

Belajar membaca Al-Qur’an yang saya adakan, disamping bertujuan agar anak-anak yang ada disekitar rumah saya khussunya dan perumahan kepanjen permai II pada umumnya agar bisa membaca Al-Qur’an dengan baik juga untuk menanamkan kebiasaan untuk melaksanakan ajaran-ajaran agama islam yang sesuai dengan perintah Allah SWT dan juga untuk menangkal pengaruh negatif dari kemajuan teknologi (internet) yang setiap saat dan di mana saja bisa diakses oleh semua kalangan terutama kalangan anak umur wajib belajar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan