Mohon tunggu...
Intan Ari Fadhila
Intan Ari Fadhila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pribadi

Pelajar

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Pemimpin Hebat Itu Kreatif

20 Agustus 2021   13:20 Diperbarui: 20 Agustus 2021   13:20 101 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pemimpin Hebat Itu Kreatif
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Kreativitas sering diinginkan di perusahaan, tetapi bisa sulit untuk dikembangkan. Beberapa organisasi bergantung pada kreativitas untuk berkembang, sementara yang lain mendapat manfaat dari solusi atau pendekatan baru untuk pemecahan masalah. 

Individu paling kreatif ketika mereka tertarik pada pekerjaan mereka, dan ketika ada masalah baru untuk dipecahkan atau tugas yang menarik untuk ditangani. 

Mengingat bahwa kreativitas dapat bergantung pada lingkungan tempat kerja atau pekerjaan itu sendiri, para pemimpin memiliki kemampuan unik untuk menjadikan tempat kerja mereka tempat karyawan berusaha, dan dihargai, atas masukan kreatif mereka.

Menurut Richard L. Daft (2018, 474) kreatifitas merupakan generasi ide-ide yang baru dan berguna untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas organisasi. Dalam diri seorang pemimpin, kreativitas berarti menunjukkan kemampuan untuk memulai ide, produk, dan pendekatan yang orisinal dan inovatif. Tidak cukup hanya menjadi kreatif sendiri, para pemimpin saat ini harus menginspirasi bawahan langsung mereka untuk menjadi kreatif juga. Inovasi dapat membuat pekerjaan lebih mudah, lebih cepat, atau lebih efisien, sehingga potensi manfaat bagi organisasi tidak terbatas. Mengingat meningkatnya minat kreativitas di tempat kerja, para pemimpin perlu berinovasi dan menginspirasi.

Meningkatkan Kreativitas dalam Organisasi

Lingkungan kerja. Ada kemungkinan bagi perusahaan untuk lebih, atau kurang, mendukung kreativitas. Untuk mendorong inovasi dalam diri Anda dan pengikut Anda, budaya perusahaan yang ideal adalah budaya yang menghargai kreativitas. Pemimpin mungkin ingin memberikan kesempatan kepada karyawan untuk bekerja sama jika memungkinkan, dan memberi penghargaan kepada karyawan karena merancang ide atau produk yang berhasil. Selain itu, lingkungan yang mendukung kreativitas harus mengakui bahwa tidak semua ide adalah ide yang sukses. Artinya, kegagalan adalah bagian yang dapat diterima, dan bahkan perlu, dari proses kreatif. Ini memberi karyawan kebebasan, sarana, dan dorongan untuk mencoba ide-ide baru. Mereka kemudian dapat mendekati masalah dengan cara baru tanpa takut akan hukuman atau pembalasan.

Kreativitas pemimpin berkaitan dengan kreativitas pengikut. Sejalan dengan kreativitas pendukung, ketika pemimpin mencontohkan perilaku kreatif kepada karyawannya, mereka lebih mungkin menerima kreativitas sebagai balasannya. Ini mungkin karena kombinasi faktor lain, seperti kepercayaan, dorongan, dan keterlibatan. Jika memungkinkan, cobalah untuk menerapkan teknik atau ide baru dalam pekerjaan. Ini membantu menumbuhkan lingkungan yang mendukung dan menunjukkan laporan langsung bahwa para pemimpin menghargai kreativitas. Begitu kreativitas karyawan dimulai, ingatlah untuk memuji dan menghargai ide-ide baru untuk terus mendorong lingkungan yang lebih terbuka.

Pengetahuan. Salah satu aspek utama kreativitas yang sering diabaikan adalah pengetahuan. Oleh karena itu, untuk menciptakan ide, produk, atau pendekatan baru, Anda memerlukan pemahaman yang menyeluruh. Membuatnya mudah untuk berinovasi dengan mengelompokkan banyak ide yang ada ke dalam satu solusi baru. Inovator tidak menarik ide dengan mudah, mereka harus memahami situasi dan masalah yang dihadapi. Untuk organisasi, ini berarti memastikan karyawan Anda terlatih dengan baik, dan bahwa mereka memiliki akses ke ide atau prosedur dari departemen atau perusahaan lain yang kemudian dapat mereka terapkan pada pekerjaan mereka sendiri.

Kesimpulannya kepemimpinan kreatif adalah kemampuan untuk menciptakan dan mewujudkan solusi inovatif terutama dalam menghadapi situasi struktural yang kompleks atau berubah. Ini mengacu pada orang-orang yang, ketika semuanya berubah dan pendekatan baru belum diketahui, masih dapat menciptakan kejelasan tujuan untuk tim mereka. Kreativitas itu sendiri adalah sifat yang sangat diinginkan bagi individu dalam posisi kepemimpinan untuk dimiliki dalam pengaturan perusahaan. Pemimpin kreatif memiliki kemampuan untuk melihat hal-hal dengan cara baru dan memecahkan masalah dengan melihat hal-hal yang tidak dimiliki orang lain. Sinonim kreativitas mencakup kata-kata seperti daya cipta, imajinasi, inovasi, visi, kemajuan, orisinalitas, dan sumber daya hanya untuk beberapa nama. Semua ini adalah karakteristik pemimpin kreatif yang sukses yang dapat mengubah saat ini. Peran kreativitas dalam kepemimpinan sangat penting untuk kelangsungan hidup organisasi mana pun dalam bisnis dan budaya yang selalu berubah yang ada saat ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan