Mohon tunggu...
Intan Khoirur Rizqi
Intan Khoirur Rizqi Mohon Tunggu... Editor - mahasiswa

Hallo terimakasih sudah berkunjung di blog saya!

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengendalian Intern dalam Usaha Kosmetik

13 April 2021   04:50 Diperbarui: 13 April 2021   04:56 357
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Dosen Pengampu: Sri Dewi Wahyundaru

email: sridewi@unissula.ac.id

Intan Khoirur Rizqi

Mahasiswa Fakultas Ekonomi Akuntansi UNISSULA

Kosmetik adalah zat perawatan yang digunakan untuk menunjang penampilan. Kosmetik digunakan oleh manusia  untuk mempercantik,membersihkan dan menambah daya tarik tanpa mengubah struktur tubuh manusia.

Pada artikel ini saya ingin memperkenalkan usaha saya dalam penjualan kosmetik yaitu “NEO MAKE UP” yaitu toko yang menjual berbagai jenis kosmetik di dalamnya. Dalam usaha saya, saya menerapkan metode pengendalian intern yaitu adanya pemeriksaan secara terus-menerus dalam menganalisis laporan dan catatan- catatan, pengendalian intern diharap dapat mengamankan aset dari pemborosan, meningkatnya detail dan ketelitian pada bukti / catatan yang di dapat, lebih efisien dan tepat sasaran, dan dapat mematuhi aturan yang sudah di tetapkan baik itu internal maupun eksternal.

Dalam system pengendalian intern melibatkan semua unsur sumber daya manusia yang ada di perusahaan, termasuk dewan komisaris, manajemen dan seluruh karyawan. Sistem pengendalian internal juga menggunakan teknologi sistem informasi yang dirancang untuk mencapai tujuan tertentu. Pengendalian intern memiliki 5 unsur yaitu:

  • Lingkungan pengendalian
  • Sumber daya manusia ( SDM )
  • Transaksi
  • Otorisasi
  • Pembandingan

Dalam usaha “Neo Makeup” pengendalian yang saya lakukan adalah sebaagai berikut:

  • Dalam lingkungan pengendalian usaha saya membutuhkan bagian penjualan, pengiriman,akuntansi, dan bagian keuangan dalam penanggung jawab aktifitas penjualan.
  • SDM yang saya butuhkan harus memiliki kualifikasi :
  • Jujur, tekun dan bertanggung jawab
  • Pandai dalam berkomunikasi kepada pelanggan dan juga dalam mempromosikan barang jualan
  • Sopan dan santun
  • Dalam transaksi usaha saya akan mencatat semua penjualan dari awal dan akan dicatat setiap 1 bulan.
  • Dalam otorisasi saya akan berikan pada manager dan yang akan menghandle adalah manager penjualan.
  • Bagian pencatatan akan dicatat semua transaksi yang keluar atau masuk yang terdapat dalam bukti transaksi
  • Pembandingan dalam usaha yang saya jalankan saya juga akan melakukan pembandingan produk – produk yang saya jual dengan produk apa saja yang sedikit dan banyak di cari oleh pembeli.

Usah yang saya jalankan memiliki jam kerja yang akan buka pada setiap hari dijam 07.00-21.00.

Dengan menggunakan sistem pengendalian intern di harap usaha dapat berjalan lebih efisien dan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Referensi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun