Mohon tunggu...
Intan AyuPutri
Intan AyuPutri Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Mahasiswa

listening of music

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Cegah Stunting dan Obesitas Sejak Dini

23 September 2022   11:14 Diperbarui: 23 September 2022   11:50 62 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pembukaan PMM Bhaktiku Negeri Kel.78 (25-08-2022) Sumber: Dokumentasi Pribadi

Kegiatan PMM merupakan salah satu program kampus UMM yang diadakan setiap tahunnya sebagai perwujudan pengabdian masyarakat oleh mahasiswa yang dapat memberikan manfaat dalam bentuk nuansa baru kepada masyarakat. PMM ini diikuti oleh Mahasiswa UMM baik secara perorangan ataupun perkelompok.

Progam Pengabdian ini diarahkan dan didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapang (DPL) Dini Kurniawati S.T., M.T untuk selalu berinisiatif dalam memberikan manfaat kepada masyarakat. Kami dari kelompok 78 gelombang 9 PMM Universitas Muhammadiyah Malang, berinisiatif untuk mengadakan kegiatan yang melibatkan anak tingkat SD Kelas 4,5, dan 6 yang ada di MI Sunan Giri

PMM Gelombang 9 Kelompok 78 mengusung tema dengan judul "Optimalisasi Status Kesehatan Anak dalam Pencegahan Stunting dan Obesitas di MI Sunan Giri" adapun program unggulan mereka yaitu melakukan cek kesehatan, sosialisasi kesehatan, dan pemberian vitamin yang dimulai pada hari  Kamis, 25 Agustus 2022.

Masa Sekolah Dasar sering juga disebut Masa Intelektual. Pada masa ini, anak lebih mudah untuk di didik daripada tahun sebelumnya atau tahun selanjutnya. Memberikan edukasi terkait stunting dan obesitas merupakan salah satu cara untuk mencegah terjadinya gizi buruk pada anak anak.

 Oleh karena itu, diperlukan sebuah cara untuk melihat apakah satu dari sekian banyak siswa yang mengalami ataupun kemungkinan mengalami stunting dan obesitas dengan cara melakukan cek kesehatan yang terdiri pengukuran berat badan, tinggi badan, pengukuran antropometri, dan pengukuran IMT (Indeks Massa Tubuh). Selain itu, memberikan edukasi terkait stunting dan obesitas melalui media poster dan power point yang mudah dipahami oleh siswa yang berupa penjelasan stunting dan obesitas, ciri ciri pengidap stunting dan obesitas, dampak penidap obesitas, dan cara pencegahannya. Setelah cek kesahatan, dilakukan pemberian vitamin  kepada masing masing siswa yang bertujuan memberikan suplemen tambahan guna mencegah gizi buruk. Setelah penjelasan dan edukasi para siswa diberikan quiz terpadu terkait materi tersebut.

 Cek Kesehatan dan Sosialisasi PMM Bhaktiku Negeri Kel.78 (25-08-2022) Sumber: Dokumentasi Pribadi
 Cek Kesehatan dan Sosialisasi PMM Bhaktiku Negeri Kel.78 (25-08-2022) Sumber: Dokumentasi Pribadi

"Masih banyak anak anak yang belum memahami apa itu stunting dan obesitas dengan adanya kegiatan ini siswa bisa teredukasi untuk mengkonsumsi aneka ragam makanan sesuai dengan kebutuhan dan mengetahui apakah indeks massa tubuh mereka dalam kisaran normal atau berlebihan" urai Intan Ayu Putri Handarbeny, Koordinator PMM Kelompok 78 UMM tersebut

            "Melihat program kegiatan PMM ini ada cek kesehatan, edukasi, pemberian vitamin saya harap dapat memberikan pengetahuan yang baru bagi anak anak di MI Sunan Giri" (Ibu Assofiatin Hidayati, S.Pd. Guru Kurikulum MI Sunan Giri)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan