Mohon tunggu...
Pendidikan

"Lesson Learned, Oshea"

1 Juni 2018   21:31 Diperbarui: 1 Juni 2018   22:06 412
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nama: Intan Mutia Zahira
NPM: 1506803472
Tugas Individu Ujian Akhir Semester
Kewirausahaan Stratejik -- Lesson Learned

Hasil analisis pada tahap persiapan, implementasi hingga setelah implementasi dimana dilihat berdasarkan kegiatan business exhibition Alley Market UI yang diadakan pada 15-18 Mei 2018, berlokasi di Perpustakaan Universitas Indonesia, menghasilkan bahwa pada tahap persiapan, saya sebagai anggota dari kelompok Oshea, melakukan beberapa persiapan diantaranya mempersiapkan beberapa produk untuk dipamerkan sekaligus dijual kepada pengunjung yang mengunjungi booth dan konsumen, menyediakan produk ready stock bertujuan agar calon konsumen mengetahui produk apa yang ditawarkan oleh Oshea, bahan apa yang digunakan, seperti apa bentuk dan ukuran dari produknya.

Selain itu, kami juga mempersiapkan marketing tools yang berguna untuk proses transaksi jual-beli. Marketing tools yang disediakan sebagai sarana komunikasi dengan konsumen adalah LINE@, e-mail, Shopee dan instagram. Kami secara aktif mempromosikan dan menginformasikan kegiatan business exhibition di media sosial instagram kami, dengan username @oshea.id. Kegiatan komunikasi dilakukan tidak hanya pada tahap persiapan, tetapi juga ketika kegiatan business exhibition berlangsung.

Kami juga mempersiapkan banner, brosur dan poster sebagai tanda pengenal kami. Pada brosur, kami memuat informasi mengenai bisnis yang kami lakukan, apa itu Oshea dan string-art dan juga melalui brosur yang dibagikan kepada pengunjung juga memuat media sosial milik Oshea, pada brosur tersebut kami juga memasukan QR Code dari akun LINE@ kami, konsumen dapat langsung scanning QR Code tersebut melalui smartphone mereka untuk melakukan komunikasi, mengajukan pertanyaan dan juga melakukan pesanan.

Pada tahap persiapan, kami juga melakukan dekorasi pada booth kami dan juga penataan produk, ini bertujuan tidak hanya untuk memperindah booth tetapi juga dapat menjadi daya tarik sehingga konsumen ingin mendatangi booth kami.

Dengan melakukakan persiapan-persiapan tersebut sangat membantu kami pada tahap implementasi, dimana dengan mempersiapkan barang ready stock, sangat membantu menjelaskan mengenai apa itu Oshea dan bagaimana bentuk fisik dari string-art tersebut. Marketing tools yang dipersiapkan juga sangat bermanfaat pada saat implementasi kegiatan business exhibition. 

Dengan melakukan promosi pada akun instagram, dapat menarik minat orang untuk datang ke business exhibition yang diikuti Oshea, brosur, banner dan poster yang kami persiapkan juga membantu pengunjung untuk memahami mengenai Oshea.

Implementasi yang dilakukan pada business exhibition cukup memenuhi ekspetasi kami. Pengunjung yang datang menunjukan ketertarikan dan terdapat konsumen membeli langsung barang yang ready stock dan juga terdapat konsumen yang melakukan pemesanan secara online setelah mengunjungi booth kami ataupun melakukan pemesanan setelah melihat promosi yang kami lakukan di media sosial instagram.

Pada tahap implementasi, konsumen menunjukkan ketertarikan, namun dikarenakan kami hanya menyediakan dua pilihan ukuran string-art. Berdasarkan pengamatan ini, kami menjadikannya sebagai bentuk pengembangan dan penyesuaian produk. Permasalahan lain yang ditunjukkan pengunjung adalah ketertarikan mereka untuk membuat sendiri string-art dan mengharapkan kami untuk membuat starter pack. 

Secara keseluruhan baik konsumen dan pengunjung yang datang menunjukkan tanggapan positif terhadap produk Oshea dan masukan yang diberikan dapat menjadi ide bagi Oshea bila ingin terus mengembangkan produknya.

Oshea memiliki target konsumen dengan usia berkisar 25-40 tahun dan ditargetkan kepada orang-orang yang menyukai seni dan memiliki ketertarikan terhadap produk dekorasi selain itu juga ditargetkan kepada orang-orang yang memiliki hobi atau kesenangan dalam hal crafting, dan juga kepada wanita muda hingga dewasa yang menyukai hiasan dinding bertema nature ataupun menyukai pilihan warna shabby-schic, dimana berdasarkan target tersebut, Oshea mencapai target konsumennya berdasarkan karakteristik pengunjung yang mendatangi booth kami ataupun berdasarkan konsumen yang melakukan pembelian secara langsung ataupun online. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun