intan permatasari
intan permatasari Guru

dimana ada kemauan disitu ada jalan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Siapa yang Bersungguh-sungguh Pasti mendapat

16 Mei 2019   17:00 Diperbarui: 16 Mei 2019   18:55 18 3 1
Siapa yang Bersungguh-sungguh Pasti mendapat
psychologymania.com

MANJADDA WAJADA ( siapa yang bersungguh-sungguh pasti mendapat )

Suatu ungkapan arab yang terkenal dikalangan pesantren, bahkan menjadi motto dari pesantren itu sendiri yang mana artinya siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan mendapat dan juga ada ungkapan dimana ada kemauan disitu ada jalan, tidak ada hal yang sulit jika kita mau berusaha dan bekerja keras, kerja  cerdas dan kerja ikhlas yang penting jika kita ada kemauan maka disitu akan ada jalan.

Setiap manusia itu mempunyai  potensi yang diberikan allah ,tinggal bagaimana orang itu mau atau tidak mengembangkan potensi yang ia miliki, adapun contoh potensi yang diberikan allah adalah berupa otak ( fikiran ) dan  akal yang sangat baik dibandingkan makhluk-makhluk yang lainnya dimuka bumi ini, jadi kita tidak boleh putus asa dan mengatakan bahwa nasib itu tidak bisa dirobah sebagimana firman allah dalam al-quran , allah tidak akan merubah nasib suatu kaum sebelum kaum itu yang merubah nasib dirinya.

Ketika kita menginginkan sesuatu atau hasil yang baik maka kita juga harus mempunyai usaha yang super dupel, karna segala hasil sesuatu yang kita dapat, tergantung dari usaha yang kita lakukan, dan jika kita sudah berusaha tapi tidak mendapatkan hasil yang memuaskan maka yakinlah berarti usaha yang kita lakukan belum maksimal. Maka terus lah berusaha karna manjadda wajada siapa yang bersungguh-sungguh pasti mendapat. Dan jangan lupa setiap usaha yang kita lakukan harus dibarengi juga dengan doa karna bagaimana kata pepatah, do  tanpa usaha itu sombong, usaha tanpa doa itu bohong.