Mohon tunggu...
Intan Mutiah
Intan Mutiah Mohon Tunggu... I'M student

hello everyone, aku cuma mau share kegiatan kkn ku, terimakasih

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Pelaksanaan KKN Saat Pandemi, Mahasiswa UNDIP Ajari Warga Membuat Makanan Bergizi Berbahan Dasar Ikan Nila

13 Agustus 2020   19:11 Diperbarui: 13 Agustus 2020   19:20 14 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pelaksanaan KKN Saat Pandemi, Mahasiswa UNDIP Ajari Warga Membuat Makanan Bergizi Berbahan Dasar Ikan Nila
wawancara tentang makanan sehat bersama ibu Toniyati/dokpri

Jakarta (13/08/2020) - 5 Juli 2020 lalu Universitas Diponegoro, Semarang telah menerjunkan mahasiswanya untuk melaksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata). KKN kali ini berbeda dari KKN sebelumnya, dimana pada KKN kali ini diberi istilah "KKN Pulang Kampung" istilah tersebut muncul dikarenakan KKN kali ini dilaksanakan dikampung halaman masing-masing mahasiswa. Salah satu daerah tempat dilaksanakannya KKN Pulang Kampung yaitu adalah Jakarta Utara. Kali ini mahasiswa undip akan melaksanakan 2 program individu, dimana salah satunya yaitu berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat ditengah pandemi Covid-19.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa saat ini tengah mendunianya wabah covid-19. Berbagai macam cara serta himbauan-himbauan untuk mencegah lebih banyak orang yang terjangkit wabah tersebut telah dilakukan oleh berbagai kalangan masyarakat seperti memakai masker serta rajin mencuci tangan. Salah satu yang tidak kalah penting dalam mencegah terjangkit wabah tersebut yaitu dengan menjaga kesehatan. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan, seperti memakan makananan-makanan yang mengandung gizi yang seimbang dan cukup untuk tubuh serta sistem imun kita.

Melihat dari pola makan sehari-hari masyarakat kita sebagian besar kurang memperhatikan gizi dalam makanan tersebut. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan masyarakat ada berbagai macam alasan mengapa masyarakat kita kurang memperhatikan gizi yang diperlukan oleh tubuh, dimana 8 dari 10 ibu rumah tangga yang diwawancara mengatakan bahwa "makanan bergizi seimbang biasanya mahal, mbak" Toniyati, 47, ibu rumah tangga.

Mendengar suara masyarakat, khususnya Tugu Utara yang mengatakan bahwa makanan bergizi untuk menjaga kesehatan mahal, maka hal inilah yang menjadi acuan serta penyemangat salah satu peserta KKN tim II Undip bernama Intan Mutiah untuk membuat makanan bergizi yang terjangkau serta dapat dibuat oleh siapapun. 

Makanan tersebut adalah nugget ikan nila, seperti yang kita ketahui ikan merupakan salah satu sumber pangan yang memiliki beberapa kandungan gizi yang diperlukan oleh tubuh. Alasan dipilihnya ikan nila sebagai bahan dasar nugget tersebut yaitu karena ikan nila merupakan ikan yang menjadi favorit masyarakat untuk dikonsumsi, selain karena rasanya yang enak dan gizinya yang baik untuk tumbuh, ikan nila juga harganya terjangkau oleh masyarakat.

selembaran kecil cara membuat nugget ikan nila/dokpri
selembaran kecil cara membuat nugget ikan nila/dokpri

nugget yang akan dibagikan door to door/dokpri
nugget yang akan dibagikan door to door/dokpri
Nugget ikan tersebut dibagikan dengan mendatangi satu-satu masyarakat Tugu Utara, Jakarta Utara, khususnya RT.005 dengan disertakan selembaran cara pembuatannya, cara ini merupakan salah satu bentuk sosialisasi tanpa melibatkan kerumunan warga dan tentu saja pada saat pembagian pun akan mengikuti protocol kesehatan yang berlaku. Sosialisasi nugget ikan nila yang murah dan bergizi ini diharapkan dapat membantu banyak ibu rumah tangga untuk menyajikan makanan bergizi yang sehat dan lezat serta terjangkau kepada seluruh anggota keluarganya dalam rangka menjaga kesehatan ditengah pandemic Covid-19 saat ini.

pembagian nugget dengan salah seorang warga/dokpri
pembagian nugget dengan salah seorang warga/dokpri

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x