Mohon tunggu...
Deany Yasir Wirya
Deany Yasir Wirya Mohon Tunggu... Menjadi proaktif

Berasal dari Jakarta. Bekerja sebagai pendidik. Ayah dari tiga orang putri. Sedang belajar menulis. WA :085891152829

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Guru-Guru Sekolah Indonesia di Luar Negeri Mengikuti Kursus Online

5 Juli 2020   14:54 Diperbarui: 5 Juli 2020   20:11 232 1 0 Mohon Tunggu...

Selama tiga hari mulai 1-3 Juli 2020, Guru-guru Sekolah Indonesia Luar Negeri yang tersebar di 13 negara mengikuti kursus Microsoft Office 365 secara online. Kegiatan ini diinisiasi oleh Pak Saidan, Kepala Sekolah Republik Indonesia Tokyo. Beliau berharap agar guru-guru Indonesia di luar negeri dapat memiliki kompetensi pemanfaatan Micrososft Office 365 dan dapat diiterapkan di sekolahnya masing-masing. 

Jumlah peserta yang terdaftar sampai tanggal 1 Juli 2020  sebanyak 174 peserta. Sekolah-sekolah yang berpartisipasi diantaranya adalah Sekolah Indonesia Kuala Lumpur, Sekolah Indonesia Johor Bahru, Sekolah Indonesia Kota Kinabalau, Community Learning Centre se-Malaysia, Sekolah Indonesia Singapura, Sekolah Indonesia Bangkok, Sekolah Indonesia Yangoon, Sekolah Indonesia Davao, Sekolah Republik Indonesia Tokyo, Sekolah Indonesia Den Haag, Sekolah Indonesia Cairo, Sekolah Indonesia Mekkah, Sekolah Indonesia Riyadh, dan Sekolah Indonesia Jeddah. Bahkan ada beberapa peserta yang berasal dari Kementrian Luar Negeri. 

HARI PERTAMA

Hari pertama kursus dibuka secara resmi oleh Bapak  Dr. Yayan G.H. Mulyana, selaku Kapusdiklat Kementrian Luar Negeri dan dihadiri oleh Bapak Saidan, Kepala Sekolah Republik Indonesia Tokyo, Atdikbud KBRI Tokyo, Dr. Alinda F.M. Zain, M. Si, Perwakilan fasilitator, Dr. Kulsum Nur Hayati, M. Pd, M. Si, PTP Ahli Media  BPMRPK Kemdikbud,  Bapak Obert Hoseanto selaku Education Program Manager  Microsoft Indonesia, serta Guru-guru Sekolah Indonesia Luar Negeri yang tersebar di 13 negara . 

Materi hari pertama adalah tentang drive, micrososf teams, dan lain- lain. 

HARI KEDUA

Pada hari kedua peserta diberikan materi dan tugas tentang pemanfaatan  Microsoft Form, Micrososft Kaizala, dan  Class Notebook. Produk-produk Micrososft ini memang masih baru buat kami, jadi mungkin dalam praktek pertama kalinya masih agak kesulitan. Namun, lama kelamaan bisa juga beradaptasi. 

Dan yang paling menarik yaitu  Microsoft Kaizala. Aplikasi ini seperti WhatsApp, namun lebih banyak actions yang kita bisa gunakan seperti : Announcement, Job, Lets Meet, Quick Poll, Photo with Location, Survey, dan lain-lain.

HARI KETIGA

Pada hari ketiga, JUmat 3 Juli 2020, para peserta diberikan materi Microsoft Sway, Micrososft Education Centre, dan Kelas Notebook lanjutan.

Setelah itu dilaksanakan penutupan oleh Kepala Sekolah Republik Indonesia Tokyo, Bapak Saidan, Perwakilan Kemenlu RI , dan pesan kesan para fasilitator:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x