Mohon tunggu...
Deany Yasir Wirya
Deany Yasir Wirya Mohon Tunggu... Menjadi proaktif

Berasal dari Jakarta. Bekerja sebagai pendidik. Ayah dari tiga orang putri. Sedang belajar menulis. WA :085891152829

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

10 Keunggulan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur

28 Juni 2020   13:11 Diperbarui: 28 Juni 2020   13:17 655 3 0 Mohon Tunggu...

Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) adalah satuan pendidikan pada jalur formal yang diselenggarakan dengan tujuan untuk mendukung misi perwakilan dalam rangka memberikan perlindungan dan pengayoman di bidang pendidikan bagi WNI di Luar Negeri. Saat ini, ada 13 SILN di seluruh dunia. 

Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) merupakan salah satu SILN yang ada di Malaysia. Saat ini, SIKL dipimpin oleh Kepala Sekolah, Dr. Encik Abdul Hajar, M.M. Berikut ini adalah 10 keunggulan SIKL :

1. Online Entry Exit Class 

Sebelum masuk ke kelas, guru diharuskan untuk mengisi form EEC (Entry Exit Class) secara online. Formulir ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan guru dalam pelaksanaan proses kegiatan belajar mengajar di kelas. Agar saat masuk dan keluar kelas sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

2. Online Student's Presence

Biasanya sebelum memulai pembelajaran, guru akan melakukan pengecekan kehadiran siswa secara manual dengan memanggil satu persatu sesuai urutan abjad. Namun, kali ini siswa sudah melakukan absen online sendiri menggunakan kartu pelajar ataupun finger print saat tiba di sekolah. 

Kemudian, saat pembelajaran di dalam kelas, guru mengecek kembali kehadiran siswa menggunakan form online. Pengecekan kehadiran siswa dilakukan sebanyak dua kali bertujuan agar sekolah yakin bahwa siswa datang ke sekolah dan hadir di kelasnya masing-masing untuk mengikuti proses pembelajaran.

3. Online Teacher's Supervision

Secara berkala Kepala Sekolah akan mengawasi dan memonitor guru-guru saat di kelasnya masing-masing. Biasanya, supervisi dilakukan dengan membawa berkas-berkas perangkat penilaian yang begitu  banyak. Namun, kali ini supervisi dilakukan dengan menggunakan formulir secara online. Sehingga, proses supervisi yang dilakukan tidak kaku.

4. Online Lesson Plan

Salah satu tugas administrasi guru adalah membuat rencana pelaksanaan pembelajaran atau lesson plan. Guru SIKL membuatnya dalam format online, yang akan memudahkan guru dapat melihatnya dengan mudah. Dan pastinya less paper.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN