Mohon tunggu...
Kesehatan

5 Cara Tak Terduga Untuk Meningkatkan Daya Ingat

5 Maret 2018   09:05 Diperbarui: 5 Maret 2018   09:20 537 0 0 Mohon Tunggu...

Memori yang bagus - baik jangka pendek maupun jangka panjang - merupakan modal yang penting dalam sebuah proses pembelajaran. Untuk itu, mari kita kukan semua cara yang bisa kita lakukan untuk memelihara serta meningkatkan kemampuan berpikir yang dimiliki.

Banyak sekali upaya yang bisa kita lakukan untuk lebih mempertajam daya ingat. Dan berikut adalah cara tak terduga yang bisa kita upayakan untuk meningkatkan daya ingat atau kemampuan berpikir. Dikatakan tak terduga karena terkadang hal-hal ini sering disepelekan dan seakan tidak berdampak pada peningkatan kecerdasan. Padahal jika diperhatikan, cara-cara berikut ini bisa sangat mempengaruhi. 

Baik, marilah kita bahasa satu persatu dari 5 cara tak terduga untuk meningkatkan daya ingat.

1. Tidur yang cukup.

Saat Anda tidur, otak Anda seperti kantor yang sibuk. Sibuk dalam mengatur dan menyimpan data yang masuk di siang hari. Anda perlu memberi cukup waktu untuk mengistirahatkan tubuh setelah seharian bergelut dengan kesibukan. Tidur juga penting untuk regenerasi sel otak dan mengurangi stres yang bisa mengganggu fungsi otak. Sebagai catatan, Anda juga harus memastikan bahwa kegiatan rekreasi Anda menarik dan cukup menyenangkan untuk mengalihkan pikiran dari kesibukan Anda sejenak.

Dengan cara ini Anda bisa merasa segar saat kembali ke pekerjaan atau study Anda dengan kondisi otak dan cara berpikir yang lebih fresh.

2. Menjaga hubungan persahabatan dan lingkungan sosial yang baik.

Otak tidak berfungsi dengan baik dalam kekosongan individu yang terisolasi sendirian. Manusia adalah makhluk sosial dan karenanya membutuhkan interaksi sosial yang sehat untuk mencapai potensi maksimal. Hubungan ini harus positif; Perlakukan setiap orang dengan apresiasi dan hormat. Hindari hal-hal yang menghina, tidak menyenangkan terhadap teman atau kolega Anda.

3. Tertawa

Tertawa dipercaya bisa mengurangi stres, memberi kita istirahat dari keseriusan tanggung jawab kita. Selain itu dengan tertawa bisa menciptakan gelombang otak positif yang membantu kita berpikir lebih baik. Dan jika Anda dapat menghubungkan topik belajar Anda dengan kejadian atau gambar lucu, Anda membuat mereka lebih mudah diingat.

4. Latih otak Anda dengan melakukan aktivitas baru seperti teka-teki, olahraga, tari, atau bahasa

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x