Mohon tunggu...
Sosbud

The Famous Iron Woman

25 Februari 2016   15:04 Diperbarui: 25 Februari 2016   15:14 19 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Oprah Gil Winfrey atau yang sering kita kenal dengan sebutan Oprah Winfrey lahir di Kosciusko, Mississippi, Amerika Serikat, 29 Januari 1954. Dia adalah adalah seorang selebriti dan pengusaha Amerika Serikat yang namanya melambung setelah membawakan sebuah acara bincang-bincang yang sangat populer, The Oprah Winfrey Show. Oprah menjadi presenter paling populer di Amerika dan ia masuk dalam daftar miliarder di dunia dengan kekayaan sekitar 1,3 miliar dolar AS.

Kehidupan Oprah dahulu tidaklah sperti kehidupannya yang sekarang. Dahulu kedua orangtuanya berpisah, maka Oprah kecil pun diasuh oleh neneknya di dilingkungan yang kumuh dan sangat miskin. Pada usia 9 tahun, Oprah mengalami pelecehan sexual, dia diperkosa oleh saudara sepupu ibunya beserta teman-temannya dan terjadi berulang kali. Di usia 14 tahun Oprah harus menerima kenyataan hamil dan melahirkan, namun bayinya meninggal dua minggu setelah dilahirkan. Setelah kejadian itu, Oprah tinggal bersama ayahnya (Vernon Winfrey). Ayahnya mendidik dengan sangat keras dan disiplin tinggi. Walaupun tertekan berat, namun kelak disadari bahwa didikan keras inilah yang menjadikannya sebagai wanita yang tegar, percaya diri dan berdisiplin tinggi.

Karirnya dimulai sebagai penyiar radio lokal saat di bangku SMA. Mereka bahkan membayarnya $100 per minggu, yang terhitung besar buat siswa sekolah menengah pada tahun 1970-an. Karir di dunia TV di bangun diusia 19 tahun. Dia menjadi wanita negro pertama dan termuda sebagai pembaca berita stasiun TV lokal tersebut. Oprah memulai debut talkshow TVnya dalam acara People Are Talking. Keputusannya untuk pindah ke Chicago lah yang akhirnya membawa Oprah ke puncak karirnya. The Oprah Winfrey Show membuat debut nasional pertamanya pada tahun 1986. Acara tersebut menjadi acara talkshow dengan rating tertinggi berskala nasional yang pernah ada dalam sejarah pertelevisian di Amerika.

Latar belakang kehidupannya yang miskin, rawan kejahatan dan diskriminatif mengusik hatinya untuk berupaya membantu sesama. Oprah sadar, bila dia bisa mengajak seluruh pemirsa telivisi, maka akan mudah mewujudkan segala impiannya demi membantu mereka yang tertindas. Berbagai yayasan telah disantuni, antara lain, rumah sakit dan lembaga riset penderita AIDs, berbagai sekolah, penderita ketergantungan, penderita cacat dan banyak lagi.

Kisah Oprah Winfrey ialah kisah seorang manusia yang tidak mau meratapi nasib. Dia berjuang keras untuk keberhasilan hidupnya, dan dia berhasil. Dia punya mental baja dan mampu mengubah nasib, dari kehidupan yang menyedihkan menjadi manusia sukses yang punya karakter.

Sumber: Wikipedia

Mohon tunggu...

Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan