Mohon tunggu...
Inspirasiana
Inspirasiana Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Kompasianer Peduli Literasi dan Edukasi

Bagikan tulisan hak cipta kami dalam bentuk artikel Kompasiana. Kami ingin menerbitkan bunga rampai karya dan mendukung taman baca di penjuru tanah air. KRewards sepenuhnya untuk dukung cita-cita literasi. * IG: inspirasianakita * FB: inspirasiana.kita * Twitter: @InspirasianaKi1 * inspirasianakita@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Ini 7 Cara Menempatkan Wifi Router yang Benar agar Internet Kencang

13 Agustus 2021   10:14 Diperbarui: 13 Agustus 2021   10:15 261 21 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ini 7 Cara Menempatkan Wifi Router yang Benar agar Internet Kencang
Gambar oleh USA-Reiseblogger dari Pixabay 

Keberadaan internet menjadi kebutuhan pokok bagi kita yang hidup di era modern. Salah satu fasilitas yang memudahkan kita terhubung adalah wifi yang dipancarkan router (perute wifi) di rumah, kantor, dan ruang publik. 

Sering terjadi, router wifi yang seharusnya berfungsi dengan baik ternyata tidak optimal karena kita keliru menempatkan router wifi. Nah, bagaimana cara menempatkan router wifi atau perute wifi yang benar agar internet kencang? Inilah 7 cara memasang router wifi dengan benar:

1. Tempatkan router wifi di  tengah ruangan dan rumah

Router atau perute wifi mengirimkan sinyal ke segala arah.  Jika router dipasang di sudut rumah Anda, jangkauan sinyal internet Anda justru akan banyak terpancar ke luar rumah Anda. 

Sebaiknya kita memindahkan perute wifi ke lokasi di tengah ruangan dan rumah atau kantor untuk mengoptimalkan sinyal.

2. Tempatkan di atas agar sinyal wifi optimal

Perute wifi cenderung menyebarkan sinyal ke bawah, jadi cara yang terbaik adalah memasang router setinggi mungkin untuk memaksimalkan jangkauan. 

Coba letakkan router wifi di atas rak buku atau pasang di dinding di tempat yang tidak mencolok agar ruangan tetap tampak rapi.

3. Hindarkan dari benda elektronik lainnya, terutama microwave
Cobalah untuk memilih lokasi yang jauh dari barang elektronik dan benda logam besar lainnya. Semakin banyak dinding, penghalang besar, dan elektronik di dekat router Anda, semakin tinggi kemungkinan ada sesuatu yang mengganggu sinyal.
Satu alat elektronik yang harus dijauhkan dari router adalah microwave. Sebuah microwave lazimnya memancarkan sinyal 2,4GHz, yaitu frekuensi yang sama dengan yang digunakan perute wifi Anda.

4. Posisikan antena dengan benar agar mencakup semua arah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Digital Selengkapnya
Lihat Digital Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan