Mohon tunggu...
Inspirasiana
Inspirasiana Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Kompasianer Peduli Literasi dan Edukasi

Bagikan tulisan hak cipta kami dalam bentuk artikel Kompasiana. Kami ingin menerbitkan bunga rampai karya dan mendukung taman baca di penjuru tanah air. KRewards sepenuhnya untuk dukung cita-cita literasi. * IG: inspirasianakita * FB: inspirasiana.kita * Twitter: @InspirasianaKi1 * inspirasianakita@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Kisah Unik di Balik Viralnya Lagu "Sweet Caroline" Jelang Final Inggris vs Italia

11 Juli 2021   04:01 Diperbarui: 11 Juli 2021   04:09 826 28 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kisah Unik di Balik Viralnya Lagu "Sweet Caroline" Jelang Final Inggris vs Italia
Striker Inggris Harry Kane (tengah) berselebrasi dengan penonton setelah memenangi laga sepak semifinal Euro 2020 antara Inggris vs Denmark di Stadion Wembley di London pada 7 Juli 2021.(AFP/CATHERINE IVILL)

Sepak bola dan musik memang berjodoh. Tanpa musik, ajang pertandingan sepak bola sekelas Piala Eropa bisa terasa hambar. Untunglah, selalu saja ada musik penyemangat dan pembakar nasionalisme.

Ada kisah unik di balik viralnya lagu "Sweet Caroline" jelang final Euro 2020 yang mempertemukan Timnas Inggris melawan Italia di Stadion Wembley pada Senin dini hari WIB, 12 Juli 2021 nanti.

Bukan lagu nasional

"Sweet Caroline" mendadak viral setelah suporter Inggris ramai-ramai menyanyikan lagu ini pada pertandingan Inggris di Wembley. 

Menyusul kemenangan 2-1 Timnas Inggris atas Denmark di semifinal Euro 2020, ribuan penggemar the Three Lions mengidungkan "Sweet Caroline", bukan lagu nasional "God Save the Queen".

Para pemain ikut bergabung menyanyikan "lagu kebangsaan tidak resmi" Inggris selama turnamen Euro 2020 ini. Ini bukan tradisi Wembley yang sudah berlangsung lama. Faktanya, para suporter Inggris baru mulai menyanyikan "Sweet Caroline" setelah Inggris menang 2-0 atas Jerman pada babak 16 besar Euro tahun ini.

Sebenarnya, lagu "Sweet Caroline" ini ditulis oleh Neil Diamond, penyanyi asal Amerika Serikat pada tahun 1969. Lagu ini pertama kali dimainkan di Stadion Fenway Park, Boston, AS pada tahun 1997. 

"Sweet Caroline" juga telah digunakan sebagai lagu tema oleh petinju kelas berat Inggris Anthony Joshua, serta tim Major League Baseball AS, Boston Red Sox.

Judul lagu "Sweet Caroline" mengambil nama dari Caroline, putri mantan Presiden AS John F. Kennedy. Tema liriknya terinspirasi oleh istri Neil Diamond, Marcia.

Lagu ini memuncak di No. 3 di AS. tangga lagu pada saat itu dan hanya mencapai No. 8 di tangga lagu Inggris, tetapi popularitasnya telah bertahan selama beberapa dekade.

Neil Diamond yang kini berusia 80 tahun baru-baru ini mengatakan bahwa ia bahagia mendengar semua orang menyanyikan 'Sweet Caroline' di Wembley.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan