Mohon tunggu...
Inspirasiana
Inspirasiana Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Kompasianer Peduli Literasi dan Edukasi

Bagikan tulisan hak cipta kami dalam bentuk artikel Kompasiana. Kami ingin menerbitkan bunga rampai karya dan mendukung taman baca di penjuru tanah air. KRewards sepenuhnya untuk dukung cita-cita literasi. * IG: inspirasianakita * FB: inspirasiana.kita * Twitter: @InspirasianaKi1 * inspirasianakita@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Menulis: Melatih Diri Berpikir Kritis

30 Juni 2021   11:17 Diperbarui: 30 Juni 2021   13:38 251 21 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menulis: Melatih Diri Berpikir Kritis
Figure 1: Menulis dapat melatih berpikir krtitis - ilustrasi oleh bola.com

Menulis: Melatih Diri Berpikir Kritis

 "Critical Thinking makes you win the battles and those could be battles for good things, so that's why you should learn to write! It's the most powerful weapon for you" -- Jordan Peterson, Psikolog.

"Berpikir kritis membuat Anda memenangkan pertempuran dan itu bisa menjadi pertempuran untuk hal-hal baik, jadi itulah mengapa Anda harus belajar menulis! Itu senjata paling ampuh untuk Anda."

Apakah pembaca setuju dengan ungkapan di atas? 

Untuk orang-orang yang sering menulis, pasti akan mengiyakan dan telah merasakan apa yang dikatakan oleh Jordan Peterson di atas. 

Ya, menulis adalah satu hal yang membutuhkan proses berpikir agar tulisan yang dihasilkan menjadi lebih berisi dan dapat memberikan informasi ataupun pengetahuan yang tepercaya dan bermanfaat untuk pembaca.

Berpikir kritis bukanlah suatu keahlian yang dibawa seseorang dari lahir. Kemampuan berpikir kritis dapat tumbuh ketika seseorang mau dan terus berlatih. 

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk melatih diri berpikir kritis, salah satunya adalah dengan menulis. 

Mengapa menulis bisa melatih berpikir kritis?

Dalam pembahasan Critical Thinking Standard yang dituliskan oleh Rhenald Kasali dalam bukunya yang berjudul Self Driving, ada beberapa hal yang perlu dimiliki seseorang untuk mendapatkan cara berpikir kritis. Cara-cara tersebut dapat juga kita lakukan dengan sering menulis. apa sajakah itu?

Pertama, Kejelasan 

Mengklarifikasi lebih jauh terhadap hal-hal yang baru ataupun meragukan adalah salah satu cara berpikir kritis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN