Mohon tunggu...
Inspirasiana
Inspirasiana Mohon Tunggu... Kompasianer Peduli Literasi dan Edukasi

Bagikan tulisan hak cipta kami dalam bentuk artikel Kompasiana. Kami ingin menerbitkan bunga rampai karya dan mendukung taman baca di penjuru tanah air. KRewards sepenuhnya untuk dukung cita-cita literasi. * IG: inspirasianakita * FB: inspirasiana.kita * Twitter: @InspirasianaKi1 * inspirasianakita@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Enam Kiat Jitu Menjaga Hubungan Harmonis Menantu dan Mertua

9 Mei 2021   10:14 Diperbarui: 9 Mei 2021   16:24 675 32 12 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Enam Kiat Jitu Menjaga Hubungan Harmonis Menantu dan Mertua
Ilustrasi 6 kiat menjaga hubungan baik dengan mertua| Sumber: freepik.com

Bagi pasangan muda yang baru saja menikah. Indahnya kehidupan setelah menikah tentu menjadi salah satu hal yang sangat ingin dirasakan. Apalagi di saat usia pernikahan yang tengah hangat-hangatnya. Banyak sekali momen indah yang dirasakan, dan semua itu pasti akan membekas di ingatan.

Meski begitu, yang namanya masalah pasti tetap akan ada dalam hubungan pernikahan. Mungkin seminggu atau sebulan setelah menikah semuanya masih baik-baik saja, tapi bagaimana setelah berbulan-bulan? Pasti bakal ada masalah yang datang untuk menguji pernikahan.

Salah satu penyebab masalah dalam pernikahan biasanya adalah karena adanya campur tangan orang lain dalam kehidupan kita. Misalnya omongan tetangga, atau bisa jadi omongan mertua.

Inilah enam kiat jitu menjaga hubungan baik menantu dengan mertua. Apa saja? Mari kita ulik.

Budaya Tinggal di Rumah Mertua

Di beberapa daerah, pasangan yang baru menikah biasanya akan tinggal bersama mertua. Ada yang tinggal di rumah orangtua pihak lelaki, atau ada juga di rumah orangtua si perempuan. Ini tergantung adat yang berlaku di daerah mana kita menikah.

Meski begitu, ada juga pasangan yang baru menikah langsung tinggal di rumah sendiri, baik itu rumah sewa ataupun milik pribadi. Lagi-lagi ini keputusan dari pasangan tersebut mau seperti apa.

Namun, beda halnya dengan pasangan yang masih pas-pasan dalam hal finansial. Tinggal di rumah mertua bisa menjadi solusi lantaran belum mampu beli rumah sendiri.

Nah berawal dari sinilah ancaman terjadi masalah mulai muncul. Ya, omongan mertua.

Dilema Pasangan Muda yang Tinggal di Rumah Mertua

Biasanya diawal pernikahan, hubungan mertua dan menantu masih biasa-biasa saja. Ini disebabkan karena mungkin mertua belum mengenal menantu seutuhnya. Namun lama kelamaan karena mungkin si menantu sedikit bermalas-malasan, ujung-ujungnya sindiran mertua pun mulai dilontarkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN