Mohon tunggu...
Inspirasiana
Inspirasiana Mohon Tunggu... Kompasianer Peduli Literasi dan Edukasi

Bagikan tulisan hak cipta kami dalam bentuk artikel Kompasiana. Kami ingin menerbitkan bunga rampai karya dan mendukung taman baca di penjuru tanah air. Artikel di akun ini semoga kelak dapat dibukukan. KRewards sepenuhnya untuk dukung cita-cita literasi. https://linktr.ee/inspirasiana * IG: inspirasianakita * FB: inspirasiana.kita * Twitter: @InspirasianaKi1

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Harta Karun Terpendam dalam Pesona Tumbuhan Krokot

11 Maret 2021   07:13 Diperbarui: 11 Maret 2021   08:26 1439 27 14 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Harta Karun Terpendam dalam Pesona Tumbuhan Krokot
Tumbuhan Krokot/ Sumber: TribunJogja.Tribunnews.com

Mungkin sebagian besar dari kita mengenal tumbuhan ini sebagai gulma. Masyarakat di daerah tempat tinggal saya mengenalnya dengan sebutan Krokot. Lain lagi dengan masyarakat di daerah Sunda, mereka mengenalnya dengan nama Gelang, sedangkan masyarakat di Madura mengenalnya dengan nama Sereyan.

Jalu-jalu Kaki adalah penyebutan tumbuhan ini di Maluku. Di luar negeri, krokot dikenal dengan nama Purslane atau Pigweed.

Begitu banyak sebutan untuk tumbuhan yang memiliki segudang manfaat baik ini. Bentuknya yang kurang menarik, seringkali tidak mendapatkan banyak perhatian dari kita.

Krokot dikenal dengan nama ilmiah Portulaca oleracea L. Tumbuhan ini berasal dari Afrika dan Persia. Tumbuhan yang memiliki batang berwarna merah dan memiliki rasa asam ini telah lama dijadikan masyarakat China sebagai tumbuhan obat herbal.

Krokot dijadikan obat untuk masalah-masalah pencernaan dan usus. Krokot berguna untuk mengobati diare, disentri, dan penyakit-penyakit lain yang berhubungan seputar masalah pencernaan dan usus.

Krokot yang telah direbus/ Dokumentasi Pribadi
Krokot yang telah direbus/ Dokumentasi Pribadi
Saya pribadi baru mengenalnya saat berada di Kota Salatiga. Saat istirahat makan, saya mengunjungi sebuah warung lotek di dekat tempat bekerja saya kala itu. Warung lotek ini menjual lotek dengan tambahan sayur krokot.

Rasa krokot yang khas ini membuat rasa lotek menjadi penuh warna. Rasanya yang asam memberikan kesegaran dalam perpaduan sambal kacang nan sedap dengan aneka sayur yang tersaji dalam hidangan lotek tersebut.

Ada harta karun yang tersembunyi di balik pesona krokot yang belum banyak diketahui. Sebuah penelitian menjelaskan banyaknya kandungan yang ada di dalam tumbuhan ini.

Kandungan gizi yang melimpah dalam tumbuhan ini menjadikan krokot memiliki harta karun yang besar bagi kesehatan tubuh kita. Kandungan Omega 3, Vitamin A, B Kompleks, E, beta karoten, kalsium, zat besi, dan sejumlah kandungan yang bermanfaat lainnya seperti asam alpha linolenic, alpha-tocopherol, ascorbic, dan kandungan lainnya mengukuhkan kedudukannya sebagaitumbuhan bermanfaat yang tidak dapat diremehkan.

Ragam Manfaat dalam Tumbuhan Krokot yang Menjadi Harta Karun Terpendam


Sumber Antioksidan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x