Mohon tunggu...
Inspirasiana
Inspirasiana Mohon Tunggu... Kompasianer Peduli Literasi dan Edukasi

Bagikan tulisan hak cipta kami dalam bentuk artikel Kompasiana. Kami ingin menerbitkan bunga rampai karya dan mendukung taman baca di penjuru tanah air. Artikel di akun ini semoga kelak dapat dibukukan. KRewards sepenuhnya untuk dukung cita-cita literasi. https://linktr.ee/inspirasiana * IG: inspirasianakita * FB: inspirasiana.kita * Twitter: @InspirasianaKi1

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Bagus Kahfi, "Ruud Gullit van Indonesia": Sportif, Santun, dan Santuy

1 November 2020   06:24 Diperbarui: 1 November 2020   06:45 159 23 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bagus Kahfi, "Ruud Gullit van Indonesia": Sportif, Santun, dan Santuy
Penyerang Garuda Select, Bagus Kahfi dalam pertandingan Garuda Select vs Juventus U17 di Juventus Training Center, Vinovo, Kamis (16/1/2020).(Dok. Garuda Select via Kompas.com)

Para penggemar dan penggila bola tentu mengenal nama Ruud Gullit. Pemain yang berambut kribo ini menjadi kapten tim nasional Belanda yang menjadi juara di UEFA Euro 1988 dan juga anggota skuad untuk Piala Dunia FIFA 1990 dan Euro 1992.

Saat ini Timnas Sepak Bola Indonesia usia muda juga memiliki Bagas Kahfi, pemain kribo mirip Ruud Gullit. Kabar terkini, klub Bagas yaitu Barito Putra mengklaim bahwa Bagas sudah mendapatkan klub baru asal Belanda: FC Utrecht. Kabar ini membuat julukan Bagas Kahfi sebagai "Ruud Gullit van Indonesia" semakin lekat pada pemuda kelahiran Magelang, 16 Januari 2002 (umur 18 tahun) ini.

Gaya rambut dreadlocks mantan bintang Timnas Belanda, Ruud Gullit (Getty) via Kompas.com
Gaya rambut dreadlocks mantan bintang Timnas Belanda, Ruud Gullit (Getty) via Kompas.com
Bagus Kahfi memulai perjalanan sebagai pemain profesional sejak masih kecil. Ia pernah menjadi bagian SSB Putra Harapan, SSB Gelora Putra Deltras, SSB Blue Eagle, SSB Undip, SSB Putra Kalimantan Tengah, Frenz United Malaysia, dan Chelsea Singapura.

Punya Saudara Kembar

Salah satu hal menarik dari Bagus Kahfi adalah bahwa dia memiliki saudara kembar yang juga pemain timnas sepak bola: Bagas Kaffa. Bagus dan Bagas sama-sama memperkuat  Timnas Indonesia U16 yang berhasil menjuarai Piala AFF u16 tahun 2018 lalu. Wah, hebat ya!

Bagaimana cara membedakan Bagus dan Bagas? Agak sulit tetapi cukup mudah. Mau tahu?

Kakak-beradik yang jadi pemain timnas U-18 Indonesia, Amiruddin Bagus Kahfi dan Amiruddin Bagas Kaffa.(BOLASPORT.COM/SUCI RAHAYU)
Kakak-beradik yang jadi pemain timnas U-18 Indonesia, Amiruddin Bagus Kahfi dan Amiruddin Bagas Kaffa.(BOLASPORT.COM/SUCI RAHAYU)
Bagas adalah kakak Bagus. Bagas lahir lima menit lebih cepat dari adiknya. Sekarang Bagas memelihara rambut pendek. Sementara itu, si Bagus masih memelihara rambut kribo. 

Cara lain membedakan kembar ajaib ini adalah dari tinggi badan. Jika berdiri bersebelahan, tampak bahwa Bagas lebih tinggi sedikit dari Bagus. 

Posisi bermain mereka pun berbeda. Bagas si kakak berposisi sebagai pemain belakang atau bek. Bagus si adik giat memerankan posisi sebagai penyerang. 

Bagus Pemain Sportif dan Santun

Salah satu hal yang bagus dalam diri Bagus Kahfi adalah bahwa dia dikenal sebagai pemain sportif dan santun. Seperti juga banyak pemain muda Indonesia lainnya, Bagas dididik untuk menjadi pemain yang tidak hanya mengejar kemenangan dengan segala cara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN