Mohon tunggu...
inka puspitadevi
inka puspitadevi Mohon Tunggu... UNS 2017

UNS 2017

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pentingnya Kesehatan Masyarakat di Tengah Covid-19

5 Agustus 2020   10:55 Diperbarui: 5 Agustus 2020   10:56 6 3 0 Mohon Tunggu...

Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNS 2020 jauh dari harapan dan angan angan mahasiswa UNS KKN tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pelaksanaan KKN UNS pada tahun ini menjadikan mahasiswa ikut dalam partisipasi pencegahan virus Covid9 yang sedang melanda seluruh dunia ini. Kegiatan KKN UNS periode 2020 ini berlangsung di lokasi tempat tinggal masing-masing mahasiswa dan berlaku secara individu. Sesuai dengan tema yang diberikan sangat bermacam-macam. Salah satu tema yang
saya pilih adalah Kesehatan Masyarakat terhadap Covid-19. Tujuannya untuk memberikan edukasi, informasi berdasarkan data ilmiah guna mencegah penyebaran dan pengendalian virus Covid-19 saat ini.

Lokasi tempat tinggal saya berada di Dungkul,Dawung RT 01 RW 04 Kecamatan Jogorogo Kabupaten Ngawi. Desa saya sendirilah yang menjadi KKN saya. saya melaksanakan program-program KKN yang telah saya buat dengan tujuan yang seperti diawal tadi yaitu memberikan edukasi tanggap Covid19 tentang Kesehatan Masyarakat, informasi berdasarkan data ilmiah guna mencegah penyebaran dan pengendalian virus Covid-19 saat ini. Selama KKN ini saya tergabung di salah satu mahasiswa bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Bapak Ahmad Subarno,S.Pd.,M.Pd.,Ph.D. Kegiatan KKN Covid19 ini kurang lebih berjalan 34 hari dengan beberapa program yang ditujukan kepada masyarakat sekitar.

Program program yang dilakukan dengan mematuhi protokol yang sudah ditetapkan olh Pemerintah, untuk iitu  saya ikut dalam satgas untuk mengkarantina ODP dari luar Ngawi bekerja sama dengan Puskesmas Ngrambe yang menjalankan berbagai kegiatan seperti senam,bersiih bersih,sosialisasi hidup sehat, bahaya Covid19 dengan para Odp dan juga ikut membantu pencatatan di posko. Kegiatan itu rutin diikuti selama 14 hari. Selain itu saya juga masuk ke dalam salah satu grup warga Jogorogo untuk melakukan sosialisasi terkait cara pencegahan covid-19.

Adapun program yang ada yaitu sosialisasi online mengenai bahaya covid, video cara cuci tangan yang benar, video pembuatan masker, video cara membuat tempat cuci tangan sserta informasi terkait virus Covid 19. Selain itu saya juga menempelkan poster tentang Covid19 seperti kegiatan karantina mandii dirumah,6 langkah cara cuci tangan yang benar dll ke beberapa rumah warga yang sekiranya banyak melakukan interaksi kepada orang luar seperti warga yang mempunyai toko pinggir jalan,penngepul sayuran kentang dan ke warga kurang mampu yang belum cukup mengerti tentang Covid19, tidak lupa ke masjid yang banyak disinggahi orang.

Saat kegitan itu berlangsung diiringi juga kegiatan pembagian masker KKN UNS dan edukasi mengenai Covid19. Harapannya KKN UNS 2020 ini membantu masyarakat sadar akan pentingnya menjaga kesehatan terhadap Covid19 saat ini dan bisa diterapkan ke kehidupan masing masing.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x