Mohon tunggu...
Inka EstiFausy
Inka EstiFausy Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa PAI

Anak Pendidikan Agama Islam

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Pendidik dalam Konsep Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini

18 April 2021   15:30 Diperbarui: 18 April 2021   15:42 1276
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

FITK UIN WALIOSNGO SEMARANG

NAMA : INKA ESTI FAUSY

NIM : 1903016015

KELAS : PAI 4A

Materi : Konsep Psikologi Perkembangan

Pendahuluan

Usia dini merupakan usia emas bagi sang anak. Dimana pada usia dini anak mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan yang sangat fundamental bagi kehidupan anak selanjutnya. Dalam artian bahwa pengalaman perkembangan pada anak usia dini dapat memberikan pengaruh yang membekas dan berjangka waktu yang lama sehingga melandasi proses perkembangan anak selanjtnya. 

Maka dari itu, pertumbuhan dan perkembangan anak haruslah diperhatikan sedari kecil. Pertumbuhan dan perkembangan merupakan dua hal yang berbeda namun saling berkaitan satu sama lain dan sulit dipisahkan. Pertumbuhan berkaitan dengan perubahan kuantitatif, yaitu peningkatan ukuran dan struktur. Sedangkan perkembangan berkaitan dengan perubahan kualitatif.

Di dalam pertumbuhan dan perkembangan anak  inilah pentingnya peran orang tua, maupun keluarga sebagai orang-orang terdekat dengan kehidupan anak sejak anak dilahirkan, sehingga orang tua dan keluarga memberikan pengaruh yang besar terhadap pertumbuhan dan perkembangan pada anak. Setiap anak mempunyai potensi-potensi diri baik potensi fisik, biologis, kognitif, maupun sosio emosi. 

Anak dalam usia dini merupakan masa dimana anak mulai untuk menerima berbagai upaya perkembangan seluruh potensi anak. Pada masa usia dini, anak secara fisik dan psikis sudah siap merespon stimulus atau rangsangan yang diberikan oleh lingkungan. Sehingga masa ini adalah masa yang tepat untuk meletakkan dasar-dasar pengembangan kemampuan fisik, social-emosional, konsep diri, kognitif, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu dibutuhkan kondisi stimulus yang sesuai dengan kebutuhan anak agar pertumbuhan dan perkembangan anak tercapai secara optimal.

Dalam proses pertumbuhan dan perkembangan pada anak perlu dioptimalkan dengan sebaik-baiknya untuk kehidupan anak selanjutnya. Maka dari itu, selain orang tua dan keluarga, ketika anak telah memasuki umur yang cukup untuk menerima stimulus, maka orang yang sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak adalah seorang pendidik. Pendidik adalah orang yang dapat memberikan stimulasi, bimbingan, kasih sayang, motivasi, maupun perhatian dalam proses pertumbuhan dan perkembangan  anak. (Fakhruddin, 2010)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun