Mohon tunggu...
Syaiful W. HARAHAP
Syaiful W. HARAHAP Mohon Tunggu... Peminat masalah sosial kemasyarakatan dan pemerhati berita HIV/AIDS

Aktivis LSM (media watch), peminat masalah sosial kemasyarakatan, dan pemerhati (berita) HIV/AIDS

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Seks dengan PSK Pakai Kondom tapi Kena Kencing Nanah

21 Januari 2019   10:34 Diperbarui: 21 Januari 2019   10:40 495 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Seks dengan PSK Pakai Kondom tapi Kena Kencing Nanah
Ilustrasi (Sumber: nation.co.ke)

Tanya Jawab AIDS No 7/Januari 2019

Pengantar. Tanya-Jawab ini adalah jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan yang dikirim melalui surat, telepon, SMS, dan e-mail. Jawaban disebarluaskan tanpa menyebut identitas yang bertanya dimaksudkan agar semua pembaca bisa berbagi informasi yang akurat tentang HIV/AIDS. Tanya-Jawab AIDS ini dimuat di: "AIDS Watch Indonesia" (http://www.aidsindonesia.com) dan kompasiana.com/infokespro. Yang ingin bertanya, silakan kirim pertanyaan ke Syaiful W. Harahap, melalui: (1) Telepon (021) 8566755, (2) e-mail: aidsindonesia@gmail.com, (3) SMS 08129092017, dan (4) WhatsApp:  0811974977. Redaksi.

*****

Tanya: Selamat siang, Pak, semoga layanan ini masih aktif. Saya mau nanya. Sebelumnya saya jelaskan bahwa saya baru pertama kali melakukan hubungan seksual dengan pekerja seks komersial (PSK). Saya memakai kondom. Tapi, saya tidak tahu apakah kondom itu masih layak digunakan atau tidak.

Saya pastikan di penis saya tidak terdapat luka. Yang saya ingat, saya memasukkan jari telunjuk dan jari tengah sekuku ke dalam vagina PSK tsb. Setelah selesai kondom dia lepas dan penis saya. Saya lap penis saya pakai tissue bersih.

Dan seminggu sesudahnya saya khawatir terkena kencing nanah (GO) karena kencing terasa perih dan muncul putih-putih kecil di penis. Saya langsung berobat ke Puskesmas. Diberi obat. Saat itu juga saya langsung tes HIV. Hasilnya negatif.

Sebelumnya saya sudah konsultasi ke Klinik VCT, kata konselor saya aman tidak tertular HIV karena saya memakai kondom ketika seks dengan PSK. Tapi, saya sangat khawatir. Karena saya  kena GO, apa mungkin juga terkena HIV?

"Xx" via e-mail, 2/1-2019

Jawab: Persoalan Saudara ada pada PSK tsb. Kalau PSK tidak mengidap HIV/AIDS tentu Saudara terhindar dari kemungkinan tertular HIV. Persoalannya adalah penularan HIV persis sama dengan penularan GO. Nah, Saudara tertular GO dari PSK tsb. melalui hubungan seksual. Itu artinya cairan vagina  dan bagian tubuh sekitar vagina PSK bersentuhan langsung dengan bagian tubuh di sekitar penis Saudara, terutama pangkal penis dan buah zakar yang sama sekali tidak terlindung biar pun memakai kondom. Buah zakar bersentuhan langsung dengan vagina.

Jika PSK tsb. mengidap HIV/AIDS, maka Saudara berisiko tertular HIV karena penularan GO persis sama dengan penularan HIV.

Memang, teoritis risiko tertular HIV melalui hubungan seksual tanpa kondom, di dalam dan di luar nikah, dengan pengidap HIV/AIDS adalah 1:100. Artinya, dalam 100 kali hubungan seksual ada 1 kali kemungkinan terjadi penularan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x