Mohon tunggu...
BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan

AKUN RESMI yang dikelola oleh BPJS Kesehatan untuk menyampaikan informasi/ artikel terkait program JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. Untuk pengaduan atau pertanyaan bisa menghubungi Care Center 165 atau mention di media sosial official kami baik di Instagram, Facebook atau Twitter. Bisa juga langsung menghubungi PANDAWA melalui nomor 0811 8 165 165

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Dengan Rujukan Online, Pelayanan Peserta JKN-KIS Jadi Lebih Terarah dan Teratur

10 Oktober 2018   09:15 Diperbarui: 10 Oktober 2018   09:52 460
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Dumai (09/10/2018) -- Rujukan online menjadi satu dari sekian gagasan yang dikeluarkan BPJS Kesehatan untuk mempermudah Peserta JKN-KIS dalam menikmati pelayanan kesehatan dan tentunya juga untuk mempermudah mitra BPJS Kesehatan dalam hal ini Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama dan Tingkat Lanjutan dalam memberikan layanan kesehatan bagi Peserta JKN KIS.

Teguh Widodo (41) merupakan PNS di Kota Dumai, ia menjabat sebagai Kepala Ruangan Poliklinik di RSUD Kota Dumai. Saat ditemui di ruangannya ia memaparkan mengenai keunggulan setelah diterapkannya rujukan online pada Fasilitas Kesehatan.

"Efektivitas dalam pelaksanaan rujukan online bagus, pasien menjadi lebih terarah dan teratur dalam menjalankan rujukannya ke RSUD Dumai," terang Teguh.

Memasuki Oktober ini masa uji coba rujukan online diperpanjang hingga 15 Oktober 2018 mendatang. Langkah ini bertujuan untuk menyempurnakan implementasi sistem rujukan berbasis digital tersebut di fasilitas kesehatan agar manfaatnya lebih dirasakan oleh peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Teguh menambahkan bahwa sejak dilaksanakannya rujukan online ini koordinasi FKTP dengan RS menjadi lebih bagus karena terhubung melalui aplikasi rujukan online tersebut.

"Proses verifikasi berkas yang dibawa peserta pada awalnya dilakukan secara manual sehingga memakan waktu yang lama, tapi sekarang  waktunya menjadi lebih efektif dan peserta tidak perlu mengantri lama," tutupnya. (aw/ir)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun