BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan

AKUN RESMI BPJS KESEHATAN yang digunakan untuk menyampaikan informasi terbaru seputar BPJS Kesehatan dan jaminan kesehatan. Kunjungi akun resmi kami lainnya di Twitter: @BPJSKesehatanRI, Facebook: BPJS Kesehatan (Akun Resmi), KasKus (bpjskesehatan) dan Instagram @bpjskesehatan_ri. More information: www.bpjs-kesehatan.go.id | Call Center: 1500400

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

BPJS Kesehatan Dorong Akuntabilitas Pelayanan di RS

12 Maret 2018   09:18 Diperbarui: 12 Maret 2018   09:44 459 1 0
BPJS Kesehatan Dorong Akuntabilitas Pelayanan di RS
health.kompas.com

Yogyakarta (10/03/2018) - Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang diterima oleh peserta Jaminan Kesehatan Nasional -- Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan mendorong fasilitas kesehatan yang bekerjasama untuk dapat meningkatkan akuntabilitas pelayanan kesehatan di rumah sakit. Hal ini disampaikan Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan Maya Amiarny Rusady saat memberikan paparan dalam kegiatan Perayaan 25 Tahun MMR UGM dan 20 Tahun PKMK UGM di Yogyakarta (09/03).

"Rumah Sakit dan BPJS Kesehatan diharapkan terus bersinergi agar saling meningkatkan akuntabilitas sesuai kewenangan masing-masing. Kami juga berharap agar rumah sakit memastikan seluruh lini memahami tentang ketentuan dalam pengelolaan JKN dan manajemen klaim," ujar Maya.

Maya menambahkan, BPJS Kesehatan juga mendorong akademisi dan stakeholders lainnya ikut berperan dalam mekanisme check and balance untuk memastikan akuntabilitas penyelenggaraan dan pemberian layanan pada program Jaminan Kesehatan. FKRTL juga diharapkan secara konsisten  menerapkan pelayanan yang efisien efektif dan berkualitas melalui penerapan kaidah-kaidah evidence based, menetapkan standardisasi pelayanan medis berbasis mutu dan patient safety, serta  melakukan monitor dan evaluasi pelayanan medis bagi peserta JKN-KIS.

Per 1 Maret 2018,  sudah sebanyak 5.023 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) bekerjasama dengan BPJS Kesehatan yang terdiri atas 2.346  Rumah Sakit dan Klinik Utama, 1.631 Apotek, serta 1.046 Optik.