Mohon tunggu...
BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan Mohon Tunggu... Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan

AKUN RESMI BPJS KESEHATAN yang digunakan untuk menyampaikan informasi/ artikel terkait program JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. Pengaduan atau pertanyaan bisa menghubungi Call Center 1500400 atau mention ditwitter @BPJSKesehatanRI

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Pertanyaan Paling Sering Tentang e-ID BPJS Kesehatan

14 Juli 2014   22:58 Diperbarui: 18 Juni 2015   06:20 2660 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pertanyaan Paling Sering Tentang e-ID BPJS Kesehatan
Contoh kartu e-ID peserta BPJS Kesehatan

[caption id="" align="aligncenter" width="408" caption="Contoh kartu e-ID peserta BPJS Kesehatan"][/caption]

Untuk mempermudah layanan peserta, BPJS Kesehatan telah meluncurkan pendaftaran online sehingga calon peserta BPJS Kesehatan tak perlu antri melakukan pendaftaran secara manual di Kantor Cabang BPJS Kesehatan. Melalui pendaftaran online, peserta pun dapat mencetak Kartu BPJS Kesehatan-nya sendiri, yang disebut e-ID.

Kali ini kami sajikan rangkuman pertanyaan-pertanyaan yang sering kami jumpai di media sosial terkait e-ID beserta penjelasannya. Semoga bermanfaat!

Apa bedanya e-ID dengan kartu BPJS Kesehatan yang biasa?

Tidak ada perbedaan dari segi kegunaan. Baik e-ID maupun kartu BPJS Kesehatan yang biasa sama-sama dapat digunakan untuk memperoleh layanan kesehatan di fasilitas kesehatan. Kartu e-ID ini sama sahnya, sama validnya, dengan kartu BPJS Kesehatan yang biasa. Kartu e-ID juga bisa dicetak dengan tinta hitam saja (tidak harus berwarna) di kertas HVS/A4 biasa.

Bisakah saya menukar e-ID dengan Kartu BPJS Kesehatan yang biasa?

Tentu bisa, namun hal itu tidak harus dilakukan, mengingat fungsi dan kegunaan e-ID sama saja dengan kartu BPJS Kesehatan yang biasa. Namun jika Anda tetap ingin menukarnya, Anda dapat mendatangi Kantor Cabang BPJS Kesehatan terdekat.

Bagaimana cara menggunakan e-ID untuk berobat?

Anda cukup menunjukkan e-ID dan identitas diri lainnya seperti KTP untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di berbagai fasilitas kesehatan.

Bagaimana jika saya salah mengisikan data pada saat melakukan pendaftaran online? Bisakah saya mengubah data yang sudah saya isikan?

Perubahan data hanya bisa dilakukan di Kantor BPJS Kesehatan cabang terdekat. Oleh karena itu, kami sarankan supaya Anda segera melapor dan mengurus perubahan data Anda di sana, sehingga Anda dapat memperoleh pelayanan kesehatan sesuai dengan hak Anda.Sekedar untuk berjaga-jaga, kami sarankan pula pada Anda untuk membawa fotocopy KTP, fotocopy Kartu Keluarga, dan pasfoto ukuran 3x4 dua lembar saat mengunjungi Kantor BPJS Kesehatan cabang terdekat.

Kenapa PDF berisi e-ID saya kosong?

Terkait hal tersebut, kemungkinan besar terdapat data tentang fasilitas kesehatan yang belum diisi lengkap, seperti lokasi fasilitas kesehatan tingkat pertama, dokter keluarga, dan atau nama dokter gigi (jika Anda memilih dokter keluarga sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama). Oleh karenanya, kami sarankan Anda segera mengunjungi Kantor BPJS Kesehatan cabang terdekat untuk melengkapi data dan mencetak e-ID Anda, sebab seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, perubahan data peserta hanya dapat dilakukan di Kantor Cabang BPJS Kesehatan.

Kenapa link aktivasi saya di folder spam tidak bisa diklik?

Mohon agar email tersebut Anda dipindahkan ke folder inbox terlebih dahulu, kemudian klik refresh, dan klik kembali link tersebut.

Demi kemudahan dan kelancaran mengurus pendaftaran online dan mencetak e-ID, kami mengimbau agar setiap calon peserta BPJS Kesehatan selalu mengecek ulang data yang dicantumkan dalam formulir pendaftaran online, sebab kesalahan pengisian data dapat menyebabkan kekeliruan e-ID yang akan Anda cetak. Kartu e-ID bisa Anda cetak jika Anda telah melakukan pembayaran pertama di bank yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, seperti Bank Mandiri, BRI, atau BNI. Seperti halnya kartu BPJS Kesehatan yang biasa, kartu e-ID dapat Anda pergunakan pada hari yang sama setelah dicetak.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x