Mohon tunggu...
Inezia Sukonco
Inezia Sukonco Mohon Tunggu... Blog

Mahasiswa Komunikasi Universitas Atma Jaya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

"Sesuai Aplikasi" (2018) dalam Kacamata Komodifikasi Mosco

25 November 2020   21:15 Diperbarui: 25 November 2020   21:31 24 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Sesuai Aplikasi" (2018) dalam Kacamata Komodifikasi Mosco
Sumber: IMDb.com

Hi guys! Akhirnya kita ketemu lagi ya untuk 'ngebedah' film bersama lagi nih. Kali ini, kita akan membahas film keluaran 2018 yang berjudul Sesuai Aplikasi.

Kali ini kita akan ngebedah film Sesuai Aplikasi (2018) ini dengan menggunakan teori komodifikasi yang dicetuskan oleh Vincent Mosco.

Bagi kalian yang belum tahu mengenai teori komodifikasi ini, berdasarkan Mosco (1996), komoditas merupakan adanya perubahan nilai guna atau nilai fungsional sesuatu berganti menjadi sebuah nilai jual. Biasanya komodifikasi ini dilakukan untuk produsen mendapatkan profit atau keuntungan lebih dari sebuah produk yang dimiliki.

Dalam film ini ada beberapa komodifikasi yang dilakukan:

1. Kehidupan Sopir Ojek Online (Ojol)

Kehidupan Sopir Ojol yang awalnya hanya dirasakan atau dialami oleh orang yang melakukan, yaitu sopir ojol itu sendiri. Akhirnya, kehidupan sopir ojol inilah yang dikemas atau dikomodifikasikan menjadi sebuah konten film yang akhirnya bisa dikonsumsi oleh banyaknya masyarakat secara luas.

Hasil dari komodifikasi inipun menjelaskan masyarakat luas mengenai bagaimana lika-liku kehidupan dari sopir-sopir ojol yang akhirnya mungkin bisa menghidupkan atau meningkatkan simpati masyarakat terhadap kehidupan yang dialami oleh sopir-sopir ini.

Sumber: Tangkapan layar sendiri
Sumber: Tangkapan layar sendiri

2. Hubungan Kekeluargaan

Dalam film ini juga membawakan cerita mengenai hubungan kekeluargaan yang terjalin dalam beberapa bentuk, yaitu

  • Hubungan kakak dan adik, yang berada di tengah kesulitan uang dikarenakan adanya keterbatasan uang untuk membiayai kuliah sang adik.

Sumber: Tangkapan layar sendiri
Sumber: Tangkapan layar sendiri
  • Hubungan ibu dan anak, dimana sang ibu mengalami penyakit akut yang diderita dan sang anak tidak memiliki uang untuk membiayai pengobatan sang ibu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN