Mohon tunggu...
indri wahyunia
indri wahyunia Mohon Tunggu... Guru - Guru

Hobi menulis, konten hiburan, travelling, kuliner

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Gerakan Pungut Sampah

5 November 2022   09:58 Diperbarui: 5 November 2022   10:00 146
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Udara terasa begitu segar. Setelah selesai melaksanakan pembiasaan sholat dhuha. Beberapa siswa yang mendapat giliran GPS dengan semangat membersihkan lingkungan sekitar sekolah. Pembiasaan ini dilaksanakan dengan tujuan agar para siswa memiliki kesadaran untuk menjaga kebersihan sekolah. 

Para siswa secara berkelompok membersihkan bagian-bagian lokasi sekolah. Ada kelompok yang bertugas membersihkan kelas. Ada kelompok yang membersihkan musola. Kelompok lain membersihkan lapangan, taman sekolah, dan bagian luar sekolah. 

Para siswa membawa peralatan kebersihan. Ada yang bagian menyapu, mengambil sampaj, dan juga membawa tong sampah kecil yang memudahkan proses Gerakan Pemungutan Sampah (GPS). Tak lupa para siswa pun menyiram tanaman-tanaman yang ada di sekitar sekolah. 

Kegiatan Gerakan Pungut Sampah ini didampingi oleh wali kelas masing-masing. Wali kelas memastikan setiap kelompok melaksanakan tugasnya dengan baik. Kelompok-kelompok diharapkan melaksanakan tugas sesuai harapan. 

Setelah kondisi lingkungan bersih. Para siswa mengakhiri kegiatan GPS ini. Para siswa menyimpan semua peralatan pada tempatnya. Tak lupa mereka mencuci tangan sebelum melanjutkan pembelajaran. 

Kegiatan GPS ini dilaksanakan secara rutin dengan tujuan para siswa memiliki kesadaran tinggi untuk menjaga kebersihan sekolah. Diharapkan para siswa merasa memiliki semua fasilitas sekolah. Mudah-mudahan pembiasaan ini dapat tumbuh menjadi karakter cinta lingkungan. Serta membudaya dimana para siswa akan selalu menjaga kebersihan dimanapun mereka berada. Kegiatan ini pun diharapkan dapat membantu proses pengelolaan sampah. 

Mari mulai sekarang, mulai dari yang terkecil dan mulai dari diri sendiri untuk semangat menjaga kebersihan. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun