Singgih S
Singgih S Wiraswasta

Aku selalu belajar belajar dan belajar..... Tulisan lama nangkring disini jebule: www.kompasiana.com/satejamur

Selanjutnya

Tutup

Hijau Pilihan

Mau Resep Pupuk Organik Cair (POC) ala "Inyong"?

10 Oktober 2017   20:43 Diperbarui: 10 Oktober 2017   20:51 1765 1 1
Mau Resep Pupuk Organik Cair (POC) ala "Inyong"?
Wadah-wadah Fermentasi POC (Dokumentasi Pribadi)

Anda suka berkebun organik dan berinteraksi dengan dunia maya, tentu akan mengetahui berbagai cara pembuatan POC yang betebaran yang memanfatkan berbagai bahan di alam sekitar seperti bonggol pisang, Kipahit, Kelor dan lainnya, hingga bumbu dapur seperti bawang putih, merah, bumbu masak, kencur, kunir, jahe, garam krosok, abu dapur dan lainnya, ada pula yang 'unik' memanfaatkan sampo zink, sabun mandi cair, wipol, sabun cuci, minyak goreng, minyak tanah dan lainnya.

Namun dalam tulisan ini saya berbagi dan sekaligus menjawab pertanyaan melalui inbok fb dan wa terkait cara saya membuat poc buatan sendiri, yang sudah diaplikasikan selama satu tahun ini dalam melakoni budidaya delapan belas aneka palawija (palwi) organik sistim panen bergulir, hingga bisa setiap minggu petik dua hingga tiga kali dengan perlakuan pemupukan organik padat dan cair dengan hasil lumayan bagus, lihat tulisan di sini.

Persiapan Fermentasi POC (Dokumentasi Pribadi)
Persiapan Fermentasi POC (Dokumentasi Pribadi)

Singkat cerita ini resepnya: POC Bonggol pisang + Urin Kelinci

Wadah: Jerigen uk. 20 ltr. Siapkan bahan: Bonggol pisang (2 kg), Urin Kelinci* (5 ltr), Air kelapa (5 ltr), Gula jawa (1 kg), Probiotik (200 ml).

Cacah Bonggol Pisang dok. pribadi
Cacah Bonggol Pisang dok. pribadi

Cara membuat: 

Bonggol di cacah lembut masukkan ke wadah ditambah urin dan air kelapa. lalu rebus gula jawa hingga encer, setelah dingin campurkan probiotik diamkan 30-90 mnt, lalu masukkan ke wadah dan tambah air bersih hingga nya, lalu tutup rapat dengan kain hitam dan ikat kencang, lantas digoyang dangdut.

Bila mau repot, tutup di lobangi guna memasang slang uk. 0,3' panjang 50 cm, lem sekelilingnya supaya rapat dan ujungnya masukkan dalam botol plastik yang berisi air hingga tenggelam alias sitim anaerob.

Diamkan di tempat teduh / ruang gelap selama 15 hari dan setiap dua hari di aduk / goyang ndandut.

Aplikasi: semprot dosis 2-5 cc/1 lt air dua kali setiap minggu. Kocor / siram oplos 1 lt dengan 100lt air, dosis: 1 phn / 200 cc atau 1 gelas kemasan air minum di sekitar pangkal batang, satu minggu sekali.

Catatan: *) bisa diganti urin Kambing dengan sendiri 

Proses POC Bonggol Pisang, dok. Pribadi
Proses POC Bonggol Pisang, dok. Pribadi

POC Daun Kipahit / Insulin. Wadah: Jerigen uk. 20 ltr

Bahan: Kipahit  (5 kg), Air kelapa (5 ltr), Air leri (2 ltr), Gula jawa (1 kg), Probiotik (200 ml).

Penampakan Kipahit (Dokumentasi Pribadi)
Penampakan Kipahit (Dokumentasi Pribadi)

Cacah daun Kipahit (Dokumentasi Pribadi)
Cacah daun Kipahit (Dokumentasi Pribadi)

Fermentasi Kipahit umur 2 Minggu (Dokumentasi Pribadi)
Fermentasi Kipahit umur 2 Minggu (Dokumentasi Pribadi)

Cara membuat: 

Kipahit di cacah lembut masukkan ke wadah ditambah air kelapa dan air leri. rebus gula jawa, setelah dingin campurkan probiotik diamkan 30-60 mnt, masukkan ke wadah dan tambah air bersih hingga nya, lalu tutup rapat dengan kain hitam dan taruh di tempat teduh / gelap selama 10-15 hari. Setiap 1-2 hari isi di aduk / goyang ndangdut.

Aplikasi: semprot dosis 2-4 cc/1 lt air, sedang kocor / siram 1 lt/100lt air dengan dosis: 1phn/200 cc atau 1 gelas kemasan air minum di sekitar pangkal batang.

Bila lahan sayuran skala rumahan atau di polybag dan populasi tidak banyak, media membuat POC cukup pakai bekas botol kemasan yang 1,5 ltr atau jerigen 5 ltr, komposisi sesuaikan dan cara perlakuan sama, hemat kan.

Apliksai semprot setiap Minggu dua kali di waktu pagi hari, sedang untuk kocor di sekitar pangkal batang satu kali seminggu. Penggunaan POC-nya secara bergulir, monggo atur sendiri.

Sekedar untuk catatan, kini saya sedang melakukan uji coba trycoderma baik padat maupun cair untuk tanaman palwi maupun tahunan seperti duren, mangga, jeruk, jambu dan lainnya, bila berhasil baik akan saya tulis di saat kumat nulise maning, pareng.

.....

Inyong = Saya