Mohon tunggu...
Indriana MegaKresna
Indriana MegaKresna Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Relawan Mahasiswa UNS Berikan Edukasi Terkait Covid-19 di Desa Karangjati

26 Juli 2020   12:26 Diperbarui: 26 Juli 2020   12:36 11 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Relawan Mahasiswa UNS Berikan Edukasi Terkait Covid-19 di Desa Karangjati
Gambar 01. Indriana sedang melakukan penempelan poster edukasi di Kantor Desa Karangjati | dokpri

(Solo, 15/05/20), Universitas Sebelas Maret Surakarta resmi melepas mahasiswa Kuliah Kerja Nyata khusus Covid-19 Batch II. Peserta KKN atau bisa juga disebut sebagai relawan UNS ini ialah mahasiswa yang telah menginput KKN ke dalam KRS tahun ajaran 2020. Kegiatan KKN-Covid 2020 ini dilaksanakan di wilayah masing-masing mahasiswa UNS yang telah memenuhi syarat di seluruh Indonesia.

Indriana Mega Kresna (22), seorang mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UNS Surakarta dengan NIM D0216047 merupakan salah satu mahasiswa peserta KKN-Covid UNS 2020 Batch II. Indriana tergabung dalam kelompok KKN wilayah Ngawi, Jawa Timur dengan 19 mahasiswa lainnya yang dibimbing oleh seorang dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNS, Anton Subarno, S.Pd., M.Pd., Ph.D. Indriana melaksanakan kegiatan KKN di wilayah RT 1 RW 02, Dusun Bangon, Desa Karangjati, Kecamatan Karangjati, Ngawi, Jawa Timur.

KKN-Covid yang dilaksanakan Indriana berlangsung selama 38 hari dan dilakukan secara daring, dimulai pada tanggal 24 Mei hingga 30 Juni 2020. Indriana menyatakan bahwa di wilayah Karangjati telah terdapat kelompok Relawan COVID-19 yang bertugas menjaga posko, melakukan disinfeksi di wilayah desa, dan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang COVID-19 itu sendiri. 

Oleh karena itu, untuk membersamai upaya-upaya tersebut, relawan UNS ikut serta dalam pengedukasian masyarakat terkait COVID-19 yang dilakukan lewat sosialisasi daring secara mendalam. Hal ini yang mendorong Indriana untuk melakukan KKN di wilayah tersebut dengan mengusung tema supporting pemahaman masyarakat terkait COVID-19 demi memberikan pemahaman lebih lanjut mengenai COVID-19 dan kiat-kiat pencegahan yang sesuai dengan standar protocol pemerintah.

Selama pelaksanaan KKN-Covid ini, Indriana melakukan beberapa program kerja yaitu update jumlah kasus COVID-19 di wilayah Ngawi dan Karangjati, sosialisasi daring terkait COVID-19, Pola hidup bersih dan sehat (PHBS), pentingnya menjaga jarak fisik dan stay at home yang dilakukan di Grup WhatsApp RT.01/02 dan Grup WhatsApp Relawan COVID Karangjati, edukasi seputar COVID-19 melalui poster dan banner, pendataan masyarakat, serta pembagian masker, stiker dan hand sanitizer.

Program kerja tersebut disambut baik oleh masyarakat setempat. Adanya pembagian masker kepada warga setempat rupanya juga memberikan dampak positif, dimana warga menjadi lebih sadar akan pencegahan virus, dan selalu memakai masker apabila berkegiatan diluar rumah. Meskipun dampak yang dihasilkan tidak cukup besar, namun kegiatan KKN-Covid ini telah menjadi bukti nyata bahwa UNS dan mahasiswanya telah berpartisipasi secara aktif dalam upaya pencegahan Novel Coronavirus.

VIDEO PILIHAN