Mohon tunggu...
H.I.M
H.I.M Mohon Tunggu... Administrasi - Loveable

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain | Headliners 2021 | Best in Specific Interest 2021 Nominee

Selanjutnya

Tutup

Vox Pop Artikel Utama

Pengentasan Kemiskinan Bisa Dimulai dari Diri Kita

21 November 2023   17:20 Diperbarui: 22 November 2023   09:39 561
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Warga beraktivitas di permukiman kumuh kampung nelayan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu (20/1/2018).(KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG)

Mengentaskan kemiskinan bisa dilakukan dengan cara sederhana kok, salah satunya dimulai dari kesadaran diri sendiri. 

Lah kok bisa? Mungkin akan ada pertanyaan tersebut dari pembaca. Tapi saya merasa sebenarnya masyarakat kita ikut berkontribusi mengapa tingkat kemiskinan masih tinggi di sekitar kita. 

Mengutip data BPS, Jumlah penduduk miskin pada Maret 2023 sebesar 25,90 juta orang, menurun 0,46 juta orang terhadap September 2022 dan menurun 0,26 juta orang terhadap Maret 2022 atau sekitar 9,36 persen dari total penduduk Indonesia (Sumber klik disini). 

Saya pernah melihat sendiri momen yang mengiris hati. Saya melihat pemulung memungut sampah di depan mata hanya untuk mengais sisa makanan. Bahkan ada keluarga tuna wisma yang memakan 1 bungkus nasi untuk 4 orang. Saya saat itu belum bisa berbuat banyak karena masih usia sekolah. 

Pedagang Renta Yang Berjuang Memenuhi Hidup | Sumber Tribunnews
Pedagang Renta Yang Berjuang Memenuhi Hidup | Sumber Tribunnews

Saat pandemi kemarin tingkat kemiskinan mengalami peningkatan. Apalagi dikarenakan banyak orang kehilangan pekerjaan atau usaha mengalami kebangkrutan. Saya ingat saat itu banyak orang menjual barang-barang pribadi hanya untuk bisa menyambung hidup. 

Sejatinya kita bisa membantu mengurangi kemiskinan dalam langkah sederhana. Apa saja itu? 

# Peduli Dengan Usaha Kecil

Sudah rahasia umum jika masyarakat kita saat ini lebih nyaman berbelanja yang lebih terlihat modern. Contoh sederhana beli minyak goreng, cemilan, bumbu masak atau kebutuhan sehari-hari di minimarket atau pusat grosir dibandingkan warung yang lokasinya dekat dengan tempat kita. 

Kembali Berbelanja di Warung Kelontong | Sumber Liputan6.com
Kembali Berbelanja di Warung Kelontong | Sumber Liputan6.com

Dampaknya warung kelontong saat ini mulai sepi pembeli. Padahal dari sisi harga barang di warung kelontong bahkan bisa lebih murah dibandingkan minimarket karena tidak ada biaya Ppn atau listing fee yang dibebankan ke konsumen. Atau ada biaya tambahan seperti biaya parkir atau BBM saat belanja ke minimarket. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Vox Pop Selengkapnya
Lihat Vox Pop Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun