Mohon tunggu...
H.I.M
H.I.M Mohon Tunggu... Administrasi - Loveable

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain | Headliners 2021 | Best in Specific Interest 2021 Nominee

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal Artikel Utama

Mengamati Lika-Liku Pariwisata di Kawasan Canggu Bali

6 November 2023   14:59 Diperbarui: 13 November 2023   19:59 449
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Salah satu beach club yang ada di Canggu, Bali. Sumber: Unsplash/Casse Gallegos

Mendengar kata Canggu pikiran langsung terbayangkan lokasi penuh hiburan malam. Wajar mengingat di sekitar Canggu terdapat beberapa tempat yang ramai dikunjungi wisatawan asing maupun nusantara untuk menikmati suasana liburan dan hiburan. 

Atlas Beach Club, Finns Beach Club, La Brisa, The Lawn Canggu, Cafe Del Mar Beach Club adalah sebagian tempat berlibur sekaligus hiburan yang populer di Canggu. 10 tahun belakangan ini popularitas Canggu bahkan berhasil menggeser Kuta, Seminyak maupun Legian yang dulu populer di kalangan wisatawan. 

Teman kuliah yang tengah berlibur ke Bali selalu menginfokan bahwa Canggu masuk dalam list kunjungan. Bahkan beberapa kali saya diajak teman untuk bertemu di daerah Canggu. 

Dulu sekitar tahun 2010-an saya ingat betul Canggu masih tergolong sepi. Masih terdapat banyak hamparan sawah. Memang pantai di Canggu mulai populer namun tingkat kunjungan masih tidak seramai Legian dan Seminyak. 

Faktor Popularitas Canggu Kian Meningkat

Sempat ada yang bertanya mengapa Canggu begitu populer di kalangan wisatawan belakangan ini? Saya pun sempat memiliki pertanyaan yang sama. Namun seiring waktu saya memiliki sedikit jawaban atas hal ini. 

# Pergeseran Arah Pengembangan Pariwisata di Bali

Disadari atau tidak kini pengembangan pariwisata yang semula terpusat di daerah Kuta mulai bergeser ke arah barat. Ini terlihat perlahan wisatawan bergeser ke Legian, kemudian ke Double Six setelah itu Seminyak. 

Kini arah pariwisata bergeser ke Canggu dan sekitarnya. Wajar saat ini Canggu menjadi lebih populer di bandingkan Seminyak, Kuta dan Legian. Bahkan wilayah di barat Canggu seperti Munggu, Cemagi hingga Tabanan juga mulai dilirik oleh investor. 

Keindahan Sunset Di Pantai Kawasan Canggu | Sumber IDN Times
Keindahan Sunset Di Pantai Kawasan Canggu | Sumber IDN Times

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun