Mohon tunggu...
H.I.M
H.I.M Mohon Tunggu... Administrasi - Loveable

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain | Headliners 2021 | Best in Specific Interest 2021 Nominee

Selanjutnya

Tutup

Metaverse Artikel Utama

Tantangan Memperkenalkan Metaverse Pada Generasi X

23 Juli 2022   11:58 Diperbarui: 31 Juli 2022   20:00 589 33 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Perkembangan Teknologi yang Kian Canggih | Sumber Dutch Uncle/freepik.com

Metaverse, bagi generasi Y (Milenial) maupun Z istilah ini mungkin sudah familiar namun jika ditanyakan pada generasi X khususnya di Indonesia bisa jadi masih terasa asing.

Setidaknya ketika saya melempar pertanyaan seputar Metaverse pada generasi X di kantor, hampir semua tidak paham apa itu. Ada yang menangkap bahwa metaverse layaknya layanan 3 dimensi di bioskop dengan bantuan kacamata khusus agar memberikan efek nyata bagi penonton.

Sedikit informasi, ada beberapa pengelompokan generasi yang saat ini berkembang di masyarakat. Beberapa pengelompokan generasi yang umumnya digunakan di masyarakat antara lain :

  • Generasi Baby Boomers (1946 -- 1964)
  • Generasi X (1965 -- 1980)
  • Generasi Y atau Milenial (1981 -- 1995)
  • Generasi Z (1996 -- 2010)
  • Generasi Alpha (2011 -- 2025) (Sumber Klik Disini)

Berdasarkan penjelasan di atas maka pembaca sudah bisa menspesifikan bahwa batasan usia yang akan dibahas adalah generasi X yang usianya diantara 42-57 tahun di 2022. Usia matang bahkan ada yang memasuki masa pensiun dalam dunia kerja. 

Banyak sumber mengatakan bahwa Generasi X sebenarnya menjadi masa awal perkembangan teknologi karena generasi ini mulai familiar dengan personal computer (PC), video games, televisi maupun internet.

Namun tidak memungkiri untuk generasi X di Indonesia sendiri sebatas mengetahui perkembangan teknologi namun sebagian besar tidak sampai menguasai maksimal.

Contoh sederhana ibu saya berasal dari Generasi X, ketika facebook sudah booming dimasa 2008-2012 justru ibu saya baru mengerti dan memiliki akun facebook di tahun 2017 lalu. 

Bahkan memahami penggunaan WhatsApp baru 2 tahun ini. Itupun karena dipaksa oleh anak-anaknya untuk sekedar belajar menggunakan sosial media untuk memudahkan interaksi dan komunikasi. 

Jika banyak generasi X yang telat mengenal perkembangan teknologi maka sudah dipastikan akan muncul berbagai tantangan dalam mengenalkan Metaverse pada Generasi X khususnya di Indonesia. 

Apa saja tantangan yang akan dihadapi bagi kita yang ingin memperkenalkan Metaverse pada Generasi X?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Metaverse Selengkapnya
Lihat Metaverse Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan