Mohon tunggu...
H.I.M
H.I.M Mohon Tunggu... Administrasi - Loveable

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain | Headliners 2021 | Best in Specific Interest 2021 Nominee

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Menguatkan Sisi "Keprihewanan" dalam Diri Kita

12 November 2021   21:52 Diperbarui: 13 November 2021   10:31 191 21 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Keluarga Yang Merawat Seekor Anjing | Sumber Shutterstock via Kompas.com

Keluarga besar saya memang tipe penyuka hewan peliharaan mulai memelihara Anjing, Kelinci, Ikan hingga Burung. Ada kenangan tersendiri saat dulu tinggal di Bali dan keluarga memelihara seekor anjing bernama Rika. 

Dipelihara sejak saya kelas 3 SD sampai kemudian meninggal ketika saya duduk di bangku kuliah. Ada kesedihan mendalam karena anjing ini sudah seperti keluarga sendiri karena menemani masa kecil, menjaga rumah dan seakan menjadi pendamping ketika si anjing menemani ku pergi.

Ironisnya tidak semua orang memiliki sisi Prikehewanan dalam diri. Mungkin akan ada pertanyaan apa itu Prikehewanan?

Istilah Prikehewanan cukup populer di kalangan pecinta hewan. Jika manusia memiliki rasa empati dan solidaritas pada sesama manusia maka akan dianggap berjiwa keprimanusiaan. Disini juga diharapkan muncul rasa yang sama pada makhluk hidup hewan.

Berita Pembantaian Anjing Di Pacitan | Sumber Tangkapan Layar Situs Kompas TV
Berita Pembantaian Anjing Di Pacitan | Sumber Tangkapan Layar Situs Kompas TV

Pembantaian Kuda Pacu | Sumber Tangkapan Layar Liputan6.com
Pembantaian Kuda Pacu | Sumber Tangkapan Layar Liputan6.com

Berkaca pada 2 artikel di atas sangat ironis banyak hewan yang dibunuh dengan berbagai alasan. Ada karena ketidaksukaan, untuk konsumsi, tidak produktif lagi dan berbagai alasan lainnya. Ini lah yang membuat saya tertarik mengapa ada manusia yang seakan mengabaikan Prikehewanan dalam diri mereka.

Pada kasus sederhana saja saya sering menemukan anak kucing yang sengaja dibuang oleh pemiliknya karena tidak mampu merawat banyak peliharaan. 

Ada majikan yang sengaja memberikan racun pada hewan karena sudah berusia tua hingga ada majikan yang menyiksa hewan hingga menimbulkan banyak luka dan akhirnya mati karena disiksa.

Memiliki hewan peliharaan bukanlah hal mudah dan dianggap sepele. Ini karena hewan juga merupakan makhluk hidup. Segala perlakukan kita pada hewan peliharaan akan memberikan konsekuensi tertentu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan