Mohon tunggu...
H.I.M
H.I.M Mohon Tunggu... Administrasi - Loveable

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Bahasa Jepang Kian Dilirik, Ternyata Ini Daya Pesonanya

11 September 2021   20:06 Diperbarui: 11 September 2021   20:05 297 14 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Interaksi Dengan Masyarakat Jepang. Sumber Situs Japanese Station

Generasi milenial dan Generasi X, Y dan Z masih menjadikan bahasa inggris sebagai target utama dalam penguasaan bahasa asing setelah bahasa ibu. 

Ini dikarenakan bahasa inggris memang telah menjadi bahasa internasional, persyaratan dalam beasiswa atau tes kerja hingga dianggap keren jika masih muda namun fasih dalam bahasa inggris. 

Namun seiring waktu kemampuan bahasa Jepang pun mulai dilirik oleh generasi muda. Munculnya anime, manga, drama Jepang hingga J-Pop seakan menjadi faktor pendorong meningkatnya jumlah peminat generasi muda dalam mempelajari bahasa jepang. 

SMA saya dulu di Bali bahkan memadukan nilai-nilai pengembangan pembelajaran Jepang. Tidak heran sejak kelas 1 SMA, kami mendapatkan pembelajaran bahasa Jepang langsung oleh Sensei atau native speaker dari Jepang. 

Hayakawa dan Keiko Sensei, sepasang suami istri asli Jepang yang menjadi guru pengajar bahasa jepang di sekolah saat itu. Berusia nyaris 70 tahun tapi terlihat sangat bugar. Saya ingat sensei tidak ragu memarahi kami jika ketahuan mencontek saat ada ujian penulisan Jepang. 

Belajar tulisan Hiragana kemudian meningkat ke Katakana hingga Kanji menjadi tantangan tersendiri. Mencoba mengucapkan kata sederhana mulai Hajimemashite (Salam Kenal); Arigatou Gozaimasu (Terima Kasih), Ohayou gozaimasu (Selamat Pagi); Sayounara (Selamat tinggal / Selamat jalan); Oyasumi nasai (Selamat tidur) dan sebagainya seakan menjadi hal yang menarik untuk dipelajari. 

Meski bahasa Jepang belum termasuk dalam bahasa resmi PBB namun mempelajari bahasa Jepang memiliki peluang dan daya tarik tersendiri. Apa saja itu

1. Tingginya Peluang Kerja di Sektor Industri

Sudah rahasia umum jika banyak perusahaan Jepang yang melebarkan bisnis hingga ke Indonesia. Sebut saja Mitsubishi, Otsuka, Toyota, Ajinomoto, Nissan, Hitachi dan masih banyak lagi. 

Industri Otomotif Asal Jepang Di Indonesia. Sumber Antara.com
Industri Otomotif Asal Jepang Di Indonesia. Sumber Antara.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan