Mohon tunggu...
H.I.M
H.I.M Mohon Tunggu... Loveable

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Asyiknya Cucurak, Tradisi Santap Bersama Sebelum Puasa

10 April 2021   15:04 Diperbarui: 10 April 2021   21:28 162 15 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Asyiknya Cucurak, Tradisi Santap Bersama Sebelum Puasa
Keseruan Acara Cucurak. Dokumentasi Pribadi

Pak, sabtu ini kita mau adakan Cucurak. Mau ikut gak? 

Dialog sederhana ini diutarakan oleh rekan kerja pada saya ketika sedang mengobrol di ruangan kantor. Dalam hati saya bertanya, apaan itu Cucurak? Istilah yang baru ini saya dengar. 

Saya pun diberitahu bahwa Cucurak adalah tradisi makan bersama menjelang bulan Ramadhan yang banyak dilakukan oleh warga disekitar Bogor. Tradisi ini sudah turun menurun dan seakan menjadi kegiatan yang wajib dilakukan untuk meningkatkan keakraban baik sesama anggota keluarga, tetangga ataupun teman. 

Cucurak ternyata mirip dengan Megibung yang dilakukan oleh masyarakat Bali, Ngeliwet atau Bancakan bagi masyarakat Sunda yang tinggal di Banten maupun Jawa Barat . Makan bersama dengan alas daun pisang atau tempat khusus. Umumnya lauk dan nasi akan ditempatkan pada alas yang sama sehingga peserta makan bersama dalam alas daun atau wadah yang sama.

Wuah tentu ini menjadi acara yang menarik apalagi saya yang notabanenya Non-muslim dan perantau dari luar Bogor. Alhasil saya pun mengiyakan dan antusias untuk ikut. 

Untuk menunya seperti apa? Tanyaku penasaran

Tenang pak. Nanti kita iuran tiap orang sekian puluh ribu. Khusus untuk kepala divisi harus lebih besar. Begitulah tanggapan rekan kerja saya. Saya pun hanya menggangguk tanda setuju meski penasaran menu apa yang disajikan dalam tradisi Cucurak. 

H-1 rekan kerja mulai mengumpulkan uang kepada peserta yang ikut. Lumayan ada 20 orang yang tertarik gabung. Tim panitia kecil mulai menyusun menu, lokasi acara dan susunan kegiatan yang diadakan pada Sabtu ini. 

Menu Cucurak Olahan Pribadi. Sumber Dokumentasi Pribadi
Menu Cucurak Olahan Pribadi. Sumber Dokumentasi Pribadi

Rasa penasaran saya semakin besar apalagi setelah melihat liat makanan yang akan disajikan. 

  • Nasi liwet dengan campuran ikan teri
  • Ikan bawal bakar
  • Ayam bakar
  • Tempe dan Tahu Bacem
  • Jengkol balado
  • Kerupuk
  • Es Buah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN