Mohon tunggu...
H.I.M
H.I.M Mohon Tunggu... Loveable

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Terlalu Usil kepada Teman Latah? Pahami Risikonya bagi Si Korban

13 Maret 2021   20:50 Diperbarui: 17 Maret 2021   04:07 176 14 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Terlalu Usil kepada Teman Latah? Pahami Risikonya bagi Si Korban
Orang Latah Tengah Dikagetkan. Sumber fimela.com

Latah adalah sebuah fenomena ketika seseorang dikejutkan secara spontan mengeluarkan kata-kata, meniru kata atau bahkan melakukan respon secara tidak terduga. 

Sekilas bertemu dengan orang latah akan menciptakan suasana lucu karena orang latah akan banyak meniru, mengeluarkan kata atau tindakan yang mampu membuat orang tertawa. Tidak heran suasana kian hidup jika ada seseorang latah di dalamnya. 

Mpok Atik adalah salah satu artis senior yang dikenal dengan aksi latahnya. Akibatnya latahnya ini membuat dirinya kian populer sehingga mampu membuat penonton tertawa lepas jika Mpok Atik sedang latah. Bahkan sifat latahnya sudah menjadi kekhasan dirinya. Ada Mpok Atik maka akan ada adegan latah. 

Menguntip pada situs kesehatan, latah dapat disebabkan karena ganguan neurologis somatik, faktor genetik, dan lingkungan. Ada kisah menarik yang pernah disampaikan Mpok Atik pada salah satu acara TV yang pernah saya tonton. Dirinya menjadi latah karena mimpi. Dirinya bermimpi sesuatu yang bersifat "dewasa" dan seketika setelah itu dirinya sering bereaksi latah dan sering mengeluarkan kata-kata kotor. 

Mengutip dari beberapa situs kesehatan. Latah terbagi menjadi beberapa klasifikasi yaitu:

  1. Ekolalia yaitu respon mengulangi perkataan atau ucapan orang lain
  2. Koprolalia yaitu respon mengucapkan kata-kata yang bermakna kotor atau tabu untuk diucapkan. 
  3. Ekopraksia yaitu respon meniru gerakan dari orang lain. 
  4. Automatic obedience yaitu respon secara tiba-tiba melakukan perintah secara spontan sebagai efek terkejut. Info detail klik disini

Saya pun sempat memiliki teman latah baik saat dulu sekolah maupun bekerja. Tidak dipungkiri mengusili orang latah akan membuat kita spontan tertawa melihat reaksi yang diberikan. Jangan heran ketika ada orang latah, orang di sekitar sering mengerjai dirinya. 

Di satu sisi tentu suasana akan hidup karena menciptakan suasana lucu dan menghibur namun disisi lain justru ada dampak bahaya yang membayangi mereka yang latah (dalam artikel ini saya sebut sebagai korban). 

Apa saja dampak yang cukup membahayakan tersebut? 

Dampak secara kesehatan

Tanpa disadari berbuat jahil dengan membuat kaget si korban dalam jangka waktu panjang justru berisiko menimbulkan dampak kesehatan bagi si korban. Saya sering melihat langsung ketika ada seseorang yang latah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x