Mohon tunggu...
H.I.M
H.I.M Mohon Tunggu... Loveable

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain

Selanjutnya

Tutup

Karir Artikel Utama

Patut Dicatat 5 Profesi Ini akan Bersinar Setelah Pandemi

3 Maret 2021   10:43 Diperbarui: 9 Maret 2021   01:00 1639 27 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Patut Dicatat 5 Profesi Ini akan Bersinar Setelah Pandemi
Ilustrasi menjalankan profesi baru. (sumber: Thinkstock via kompas.com)

Tidak dipungkiri bahwa selama 1 tahun masa Pandemi Covid-19, roda perekonomian bergerak lambat. Banyak perusahaan yang terkena dampak seperti aturan dilarang beroperasi, pembatasan jam operasional, pembatasan jumlah kunjungan konsumen dan sebagainya. 

Dampaknya perusahaan banyak melakukan pengurangan karyawan, efisiensi di berbagai sektor, penutupan kantor cabang hingga yang terekstrem tutup karena gulung tikar alias merugi.

Menguntip data dari salah satu situs berita online diinformasikan bahwa terdapat lebih dari 6,4 juta pekerja mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) selama wabah Covid-19 (Berita selengkapnya klik disini). 

Sektor terbanyak yang mengalami PHK adalah usaha dibidang tekstil, disusul transportasi kemudian Hotel, Restoran dan Cafe (Horeca) dan Retail. 

Perusahaan di tempat saya bekerja pun mengalami beberapa kali pengurangan karyawan sebagai upaya melakukan efisiensi dan bertahan ditengah penurunan omzet perusahaan selama Pandemi.

Seiring waktu dengan mulai ada penemuan vaksin serta pemerintah kian gencar mensosialisasikan vaksin Covid-19 serta semakin meningkatnya kesadaran masyarakat untuk melakukan tindakan preventif penyebaran virus maka roda perekonomian mulai bergerak kembali meski masih perlahan. 

Ini terlihat dimana sudah banyak usaha yang diijinkan beroperasi, tingginya aktivitas perkantoran hingga banyak perusahaan yang mulai membuka lowongan pekerjaan untuk mengisi posisi tertentu.

Saya melihat setidaknya akan ada 5 profesi yang bersinar setelah pandemi. Ini berdasarkan pengamatan saya selama beberapa minggu terakhir serta diskusi dengan dengan orang disekitar saya. Apa saja profesi tersebut?

1. Operator Produksi

Bagi yang pernah atau saat ini bekerja di pabrik pasti familiar dengan posisi ini. Ya, operator produksi memiliki peran penting selama proses produksi suatu barang. 

Di perusahaan saya, operator produksi memegang banyak lini kegiatan seperti labeling, packing, selektor, palleting, filling dan sebagainya. Tugas utama operator produksi adalah memastikan barang diproduksi sesuai dengan standar dan mutu yang ditetapkan oleh perusahaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN