Mohon tunggu...
H.I.M
H.I.M Mohon Tunggu... Administrasi - Loveable

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain | Headliners 2021 | Best in Specific Interest 2021 Nominee

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Jangan Remehkan Tempe dan Tahu, Hidangan Favorit Vegetarian

27 Januari 2021   11:28 Diperbarui: 27 Januari 2021   20:32 644
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Menu Oseng Tempe Khas Nusantara. Sumber Resepkoki

Saya teringat satu pengalaman jaman kuliah dulu. Saat itu ada kegiatan kampus yang memberikan makanan nasi kotak kepada peserta yang hadir. Wuah sebagai anak kos dan perantauan pasti akan merasa bahagia mendapatkan sebuah kotak nasi berisikan ayam, sayur tumis, tempe dan juga buah. Tiba-tiba seorang teman mendekati saya,

"Ini ayam buat kamu. Mau?", kata teman saya itu

Jujur saya kaget kok tiba-tiba lauk utama yang justru banyak kalangan anak kos sangat mengidamkan mendapatkan menu ayam justru diberikan kepada saya.

"Kamu gak suka ayam?" Tanya saya

"Saya vegetarian" jawabnya

Wow, saya baru tahu jika ternyata teman saya ini seorang vegetarian. Saya jarang memang mengamati menu makanan teman kampus karena sejatinya ketika kumpul di kantin pun mereka memilih menu kesukaan masing-masing. Itu menjadi pengalaman saya bertemu dengan seorang vegetarian. Dirinya mengaku selama ini lebih memilih makan dari nabati seperti Tahu, Tempe, Jamur dan sayur-sayuran.

Seketika saya tukar sayur dan menu nabati dalam nasi kotak tersebut sebagai pengganti daging ayam yang diberikan pada saya. Dalam hati tetap berkata, rejeki anak soleh bisa makan 2 daging ayam.

Muncul pertanyaan mengapa dirinya menjadi vegeterian dan apakah bisa menikmati hidup tidak makan daging selama hidupnya?

Awalnya saya mengganggap kaum vegetarian sangat identik dengan masyarakat beragama Buddha karena kata teman saya yang beragama Buddha ada aliran Buddha Mahayana yang memang menghindari makan daging.

Wajar saya sempat kaget karena pandangan saya keliru selama ini bahwa ternyata ada banyak orang yang memang meniatkan diri sebagai vegetarian seperti yang terjadi pada teman saya ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun