Mohon tunggu...
Indra Kurniawan
Indra Kurniawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Mari Menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

PMM Kelompok 102 Gelombang 15 Melakukan Pembagian Masker dan Sosialisasi Cara Mencuci Tangan

26 Oktober 2021   11:14 Diperbarui: 26 Oktober 2021   13:10 74 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
foto saat membagikan masker/dokpri

Pandemi Covid 19  saat ini memang sedang dialami oleh seluruh dunia tak terkecuali Indonesia, masyarakat sudah lama merasakan dampak buruk akibat pandemi Covid 19 yang terjadi saat ini. Karena adanya pandemi maka seluruh masyarakat dihimbau untuk selalu menjaga protokol kesehatan yang baik dan benar agar dapat terhindar dari tertularnya virus Corona yang sangat berbahaya. 

Oleh karena itu mahasiswa asal Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melalui program pengabdian masyarakat oleh mahasiswa (PMM) yang beranggotakan Lisa Febrianti dan Indra Kurniawan melakukan kegiatan pembagian masker dan sosialisasi tentang menjaga kebersihan diri melalui cara mencuci tangan yang baik dan benar,  kegiatan ini dilakukan mahasiswa UMM disalah satu Desa di Provinsi Kalimantan Barat tepatnya di Desa Sungai Rengas Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya.

Kegiatan program pengabdian masyarakat oleh mahasiswa ini salah satunya bertujuan ikut serta membantu mencegah tertularnya masyarakat oleh virus Corona, kegiatan pertama yang dilakukan adalah dengan membagikan masker secara gratis kepada masyarakat yang sedang beraktivias tanpa menggunakan masker saat di luar rumah. 

Menurut salah satu anggota kelompok yaitu Lisa Febrianti, ia mengatakan bahwa membagikan masker kepada masyarakat yang tidak memakai masker saat beraktivias di luar rumah sangatlah penting dilakukan demi menjaga kesehatan bersama,karena faktanya virus Corona dapat menular melalui mulut dikarenakan saat sesorang yang terkena virus Corona sedang  berbicara atau membuka mulutnya maka dia dapat menularkannya kepada orang lain karena adanya percikan air liur yang keluar sehingga dapat terkena atau terhirup oleh orang disekitarnya akibatnya orang yang ada disekitarnya tadi dikhawatirkan ikut tertular virus Corona tersebut, oleh karena itu dengan memakai masker masyarakat dapat meminimalisir tertular dari virus Corona.

foto bersama Anak Panti Asuhan AN-Nashr/dokpri
foto bersama Anak Panti Asuhan AN-Nashr/dokpri

Selain mengadakan pembagian masker mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang sedang melakukan kegiatan PMM ini juga mengadakan sosialisasi tentang tata cara mencuci tangan yang baik dan benar bersama anak-anak yang ada di Panti Asuhan An-Nashr Desa Sungai Rengas, mahasiswa ini menganggap apabila kita selalu mencuci tangan yang baik dan benar maka kemungknan besar bakteri,kuman,ataupun virus yang menempel dapat hilang dengan mencuci tangan tersebut. 

Mahasiswa UMM ini mengedukasi anak-anak Panti Asuhan agar selalu mencuci tangan baik sebelum melakukan kegiatan maupun sesudahnya, terkadang mencuci tangan sering diremehkan hingga dilupakan oleh siapapun padahal mencuci tangan ini sangat penting untuk dilakukan,sangking pentingnya Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pernah membuat kampanye secara global akan pentingnya mencuci tangan menggunakan sabun yang selalu diperingati setiap tanggal 15 Oktober.

Jadi dimasa pandemi seperti saat ini kita harus wajib dan siaga dalam mencegah tertularnya virus Corona dalam diri kita,karena virus Corona dapat sangat berbahaya bagi kesehatan diri sendiri maupun orang lain terutama keluarga yang kita sayangi, kita harus selalu menaati protokol kesehatan agar dapat menjaga kesehatan dengan baik.

Protokol pencegahan penularan dari virus Corona

  • Memakai masker saat sedang beraktivitas di luar rumah
  • Hindari kerumunan
  • Menjaga posisi jarak dengan orang lain
  • Hindari melakukan kontak langsung terhadap orang yang sakit
  • Selalu mencuci tangan dengan sabun secara baik dan benar
  • Selalu memakai handsanitizer
  • Rutin mengonsumsi antibodi atau vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan