Mohon tunggu...
Teknologi Pilihan

Apoteker Mempunyai Peran dalam Berlangsungnya Revolusi Industri 4.0

2 April 2019   08:00 Diperbarui: 6 April 2019   19:42 0 0 0 Mohon Tunggu...

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Hai! Nama saya Andi Muh. Indra Ashary Assir yang biasa dipanggil Andra, saya adalah mahasiswa fakultas farmasi universitas hasanuddin saat ini topik yang saya ingin bahas yaitu peran farmasi di era revolusi industri 4.0, pemabahasan ini sangat menarik jadi jangan sampai dilewatkan, selamat membaca!

Sebelum melangkah ke arah pembahasan yang lebih dalam, sebelumnya saya akan membahas bagaimana itu peran farmasi? Farmasi itu sendiri mempunyai suatu profesi yang disebut apoteker atau farmasis  profesi ini adalah profesi dibidang tenaga kesehatan yang berkaitan dengan segala macam tentang obat. 

Farmasi ini menyumbang sangat besar terhadap dunia kesehatan di dunia farmasi ini kita bisa menemukan berbagai obat  dan juga sistem pengobatan yang sangat mengutamakan kesalamatan seorang pasien.

Apoteker ini adalah sebuah profesi bidang tenaga kesehatan khususnya tenaga kefarmasian yang bekerja secara profesional, peran apoteker aktif membantu pemerintah dalam hal ini kementrian kesehatan yang tujuan nya mewujudkan masyarakat indonesia yang mandiri dan sehat. Dalam menjalankan peran ini juga diselaraskan dengan pengetahuan tentang suatu penyakit dan pastinya mengenai suatu obat yang aman dan diperlukan oleh seorang pasien

Sarjana farmasi dan juga lulusan apoteker memiliki kemampuan yang sangat banyak dan luar biasa selain di bidang pelayanan kefarmasian baik dirumah sakit maupun di puskesmas, juga bisa di bidang industri farmasi, nah sekarang kita mulai membahas tentang dunia industri khususnya industri farmasi, industri farmasi itu sendiri berkaitan dengan segala bentuk pembuatan obat atau bahan obat, pengembangan atau penelitian sampai ke arah pendistribusian hasil produk obat baik itu ke perusahaan besar farmasi, rumah sakit, apotek sampai ke toko obat.

Pergeseran dan perubahan suatu industri farmasi mempengaruhi peran seorang apoteker, pergesaran ini disebabkan karena teknologi dalam bidang farmasi ini terus berkembang. Dan selain itu pergeseran ini juga diakibatkan konsumen yang semakin cerdas. Perubahan ini diartikan sebagai konsep Pharmaceutical Care

Konsep pharmaceutical care ini merupakan pendekatan kepada konsumen tanpa adanya pengurangan kualitas produk yang diberikan. Peran apoteker ini sangat diperlukan karena banyaknya kasus dalam penyalahgunaan obat dan juga penggunaan nya membuat konsep ini harus dilakukan.

Seorang apoteker yang bekerja di bidang industri farmasi itu terbagi kedalam 3 bagian bidang kerja, tergantung dari kemampuan seorang apoteker itu, di bidang industri  ada 3 tempat yang biasanya seorang apoteker ditempatkan yaitu bidang QA (Quality Assurance) QC (Quality Control), dan bagian produksi.

Industri farmasi ini berupaya dalam memperbaiki struktur agar dapat menghasilkan produk yang berkualitas dengan adanya inovasi baru dan nantinya dapat menjadi nilai tambah tinggi. 

Untuk menghasilkan hal tersebut harus tersedia bahan baku dan penguasaan dalam bidang teknologi sehingga memenuhi kebutuhan dari pasar domestik maupun ekspor. Industri farmasi dan bahan farmasi ini merupakan salah satu sektor yang diandalkan dan diprioritaskan dalam pengembangan.

Perusahaan obat atau yang dikenal sebagai perusahaan farmasi merupakan perusahaan yang berkaitan dengan bisnis obat dalam hal ini khususnya yaitu meneliti,mendistribusikan sampai ke pengembangan suatu obat khususnya dalam bidang kesehatan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
KONTEN MENARIK LAINNYA
x