Mohon tunggu...
Indovoiceover
Indovoiceover Mohon Tunggu... www.indovoiceover.com

Indovoiceover is a voice-over agency established in 2014 and has quickly become one of the Indonesia’s leading agencies. Indovoiceover are affiliate with www.waiwaistudio.com as a sister company who already established and well known for audio post production quality with many clients around the globe. We have a wide range of talents from deep corporate sound to amazing film trailers voices. Now we are here bringing you a new product who focused in voices with new team, spirit and same passion as dedicated to voices business. If you are voice actors or voice over talents would like to enter the market place, send us a voices demo.

Selanjutnya

Tutup

Digital

Perlukah Riset Kecil-kecilan Sebelum Memproduksi Podcast?

10 Juni 2019   11:49 Diperbarui: 11 Juni 2019   14:31 0 0 0 Mohon Tunggu...
Perlukah Riset Kecil-kecilan Sebelum Memproduksi Podcast?
black-earphone-wallpaper-music-5cff58ecc01a4c516656da56.jpg

Niat seseorang dalam melakukan podcasting menentukan apakah riset berskala kecil sebelum bercuap ria di depan perekam atau mikrofon perlu dilakukan atau tidak. Ada yang beranggapan melakukan riset kurang dibutuhkan sebab membuat konten podcast hanya untuk hobi semata. Atau memang mereka tidak mempunyai waktu untuk melakukan riset di tengah kesibukan sehari-hari.

Tetapi ada yang menganggap riset dibutuhkan agar podcasting lebih terarah dan sesuai dengan yang sedang hangat dibicarakan saat ini atau tetap fokus dengan tema tertentu yang ditentukan setiap sebelum melakukan podcasting.

Riset sebelum melakukan podcasting biasanya mencakup mempelajari konten podcast kreator lainnya. Dari mereka, kita menjadi tahu teknik membuat podcast yang menarik itu seperti apa. Bisa pula riset mencakup membaca informasi yang sedang ramai dibicarakan lalu membuat konten yang memuat sudut pandang khas kalian nantinya. Jika kanal podcast kalian konsisten menggarap satu topik tertentu, misalkan kesehatan, riset yang dilakukan bisa berupa tema kesehatan apa yang paling penting untuk kondisi hujan saat ini, misalkan.

Setelah itu, kami menyarankan riset memuat ikhtisar podcasting agar jalannya siaran tidak membosankan. Buatlah alur siaran, masukkan intermezzo atau guyon agar konten segar. Cara pembawaan dalam siaran harus terus diasah. Di sinilah melakukan riset terasa pentingnya. Meski akan membutuhkan waktu ekstra, tidak ada salahnya melakukan riset sederhana agar konten tetap segar.

Tetapi jika tidak ingin melakukan riset, upayakan berfokus pada cara pembawaan isi siaran yang menarik. Terkadang ada audiens yang tertarik mendengarkan konten podcast tertentu lebih disebabkan oleh gaya siaran mereka ketimbang ide besar dalam melakukan podcasting.

Jika di situ memang letak kelebihan kanal podcast kalian maka asahkan pada poin ini. Siaran yang mengalir apa adanya dengan mengandalkan gaya siaran otentik memberikan nilai plus yang khas, yang belum tentu dikuasai oleh podcaster lainnya.

Jadi, melakukan riset atau tidak kami kembalikan ke masing-masing kreator. Ada yang suka membuat konsep, ada yang memilih mengalir alamiah. Silahkan dipilih dengan menyesuaikannya menurut selera audiens kalian yang kalian lebih jauh memahaminya.

Sumber : http://indovoiceover.com/perlukah-riset-sebelum-produksi-podcast/