Galih Prasetyo
Galih Prasetyo penulis lepas

priaibra.com | bomber.id | ayah pria ibra

Selanjutnya

Tutup

Balap

Rio Haryanto Kembali Rajut Asa di Ajang Internasional

28 September 2018   13:45 Diperbarui: 28 September 2018   14:06 326 0 0
Rio Haryanto Kembali Rajut Asa di Ajang Internasional
Rio Haryanto | merdeka.com

Masih ingat dengan nama Rio Haryanto? Tentu saja masih banyak publik yang ingat dengan pemuda 25 tahun kelahiran Surakarta ini. Ia adalah pembalap Indonesia pertama yang bisa merasakan ketatnya pertarungan di ajang jet darat nomor 1 dunia, Formula 1.

Sayang karier Rio Haryanto di ajang Formula 1 tak berlangsung lama. Dana menjadi kendala besar Rio untuk terus melaju di race Formula 1. Saat itu ketika Rio Haryanto tersandung masalah dana jadi hal kontroversial di negeri ini.

Publik ramai-ramai mendesak negara dalam hal ini Kemenpora untuk segera turun tangan membantu anak bangsa di ajang internasional ini. Namun pihak Kemenpora kala itu seperti dikutip dari liputan6.com berkelit bahwa usaha mereka untuk membantu dana kepada Rio Haryanto terkendala regulasi dari Komisi X DPR dan standar sponsor dari Manor -- tim yang dibela Rio Haryanto di Formula 1--.

Seperti diketahui, dari total dana 15 juta euro yang diminta Manor, Rio baru membayar sekitar 7 juta euro. Oleh karena itu, meski telah membalap bagi Manor di Formula 1 (F1), Rio masih berupaya untuk melunasi beban dana tersebut.

Meski pada akhirnya Rio mampu membayar Rp 75 miliar ke Manor dan tampil perdana di GP Catalunya pada 24 Februari 2016, karier Rio Haryanto di F1 terhenti di GP Jerman  yang merupakan race ke-12 Rio di F1.

Agustus 2016, posisi Rio Haryanto digantikan oleh pembalap asal Prancis, Esteban Ocon, Rio masih masuk dalam posisi pembalap cadangan. Pihak Manor masih berharap Rio bisa melunasi sisa dana untuk kembali jadi pembalap Manor.

Lama tak terdengar namanya lagi, bagaimana kabar Rio Haryanto sekararang?

Ternyata ada kabar bagus dari Rio Haryanto, dikutip dari motosport.com (28/09/18) Rio kembali membalap di ajang internasional. Rio Haryanto, akan berlaga pada event perdana SIC888 di Shanghai International Circuit bersama tim Audi Sport.

Sekedar informasi, SIC888 adalah event balapan ketahanan sepanjang 888 kilometer yang akan digelar untuk pertama kalinya pada tanggal 7 Oktober.

Pihak Audi Sport sendiri melewat direktur Asia mereka, Martin Kuehl mengatakan sangat senang Rio Haryanto bisa membela timnya.

"Sebagai pembalap Formula 1 pertama asal Indonesia yang telah membangun kariernya di sejumlah trek balap Asia, suatu kehormatan untuk memiliki Rio di antara barisan kuat Audi untuk SIC888 pertama, bersama dengan pembalap reguler Audi Sport R8 LMS Cup, Anderson Tanoto dan Andrew Haryanto."

Babak kualifikasi SIC888 akan dihelat pada 06 Oktober 2018 dan akan melangsungkan balapan pada 07 Oktober 2018. Semoga Rio Haryanto bisa berikan yang terbaik di ajang ini dan kembali mengharumkan Indonesia di lintasan balap internasional.