Mohon tunggu...
Dokter Bejo
Dokter Bejo Mohon Tunggu...

Dokter Bejo, sumber referensi menarik seputar kesehatan, gaya hidup sehat, produk kesehatan, jasa kesehatan, menjawab fakta mitos kesehatan. Jadilah konsumen produk kesehatan yang cerdas! Salam Dokter Bejo

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Tidur Setelah Sahur Sebabkan Asam Lambung?

30 Mei 2017   10:15 Diperbarui: 6 Juni 2018   16:52 645 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tidur Setelah Sahur Sebabkan Asam Lambung?
Sumber: beritaharianmu.com

Bulan puasa memang menjadi masa di mana kita bisa melakukan pembersihan ulang pada sistem pencernaan tubuh. Banyak pakar kesehatan yang menganggap berpuasa sebagai salah satu cara yang baik dalam menjaga kesehatan. Namun, tak jarang orang yang mengeluhkan beberapa masalah kesehatan saat berpuasa layaknya kesulitan buang air besar atau bahkan mengalami sering naiknya asam lambung. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Naiknya asam lambung menjadi masalah yang umum terjadi saat bulan puasa. Pakar Kesehatan, Epistel Simatupang, menyebutkan, banyak orang yang terkena GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease) atau masalah naiknya asam lambung yang terjadi dipagi hari. Hal tersebut disebabkan karena sebagian besar orang akan tertidur kembali setelah menyantap santap sahur.

Padahal, hal ini sangat tidak direkomendasikan oleh pakar kesehatan mengingat jika kita tertidur dengan lambung yang penuh, maka asam lambung pun berisiko akan naik hingga ke pangkal mulut kita. Hal itu dikarenakan posisi tidur sehingga asam lambung bisa mengalir menuju arah kerongkongan. Alhasil, dada kita pun akan mengalami sensasi panas dan terbakar.

Epistel sendiri menyarankan kita untuk memberikan waktu bagi tubuh setelah makan dengan tidak segera berbaring. Duduklah selama beberapa saat sehingga ada waktu bagi makanan untuk segera turun. Jika kita berbaring, dikhawatirkan katup lambung akan segera terbuka dan memicu naiknya asam lambung.

Memang, idealnya kita makan dua hingga tiga jam sebelum tidur. Namun, waktu sahur yang biasanya pada waktu dini hari akan membuat kita cenderung mudah mengantuk setelah menyantap makanan. Andai kantuk sangat tidak tertahankan, ada baiknya kita tidur dengan posisi setengah duduk atau kerongkongan yang lebih tinggi dari lambung.

Selain karena kebiasaan tidur kembali setelah sahur, jika kita berbuka puasa langsung menyantap makanan berlemak atau mengkonsumsi kopi, maka kita juga akan menimbulkan masalah naiknya asam lambung. Ada baiknya menghindari makanan atau minuman tersebut saat berbuka puasa.

Salah satu buah-buahan yang dapat membantu menurunkan asam lambung adalah pisang. Pisang dan tomat memiliki kalium yang dapat membantu keseimbangan pH lambung, pisang juga memberikan kenyang lebih lama sehingga sangat baik jika dikonsumsi diantara waktu makan. Dan selain itu juga, buah pisang mengandung potassium yang membantu menormalkan dari tingkatan tekanan darah akibat dari serangan stress.

Pengobatan penyakit asam lambung memiliki beberapa taha. Cara  paling mudah untuk dilakukan adalah dengan mengganti menu makanan, yaitu beralih ke makanan-makanan yang rendah lemak, tidak terlalu asin, maupun terlalu pedas. Tapi ketika perubahan menu makanan tidak berhasil, obat-obatan akan digunakan untuk meredakan gejala yang dirasakan. Bagi penderita yang mengalami penyakit asam lambung secara kambuhan, dokter kemungkinan akan meresepkan obat untuk jangka panjang. Namun Jika langkah-langkah pengobatan di atas masih belum berhasil mengatasi GERD, prosedur operasi kemungkinan akan dipertimbangkan dan disarankan oleh dokter. 

Agar ibadah puasa lancar selama Ramadhan, bila perlu Anda mengonsumsi Sozo Formula Manggata (SoMan) yang berguna untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan  campuran 39 bahan alam yang terdiri dari bermacam buah, sayur-sayuran, dan aneka rempah, SoMan mengandung multivitamin (A,C,E,K), omega (3,6,9), mineral, EPA, DHA, dan zat bermanfaat lainya.

Konsumsi Obat Herbal SoMan 10 tetes sebelum makan sahur, 10 tetes sesaat berbuka puasa, dan 10 tetes sebelum tidur. Insya Allah, Anda terbebas dari asam lambung, dan ibadah puasa lancar. (AF)

oleh : Sutar, S.Farm., Apt

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x