Mohon tunggu...
Gadget

Data Mining dalam Menganalisis Pasar dan Manajemennya

18 Maret 2019   23:46 Diperbarui: 19 Maret 2019   10:50 59
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Semakin cepatnya perkembangan teknologi untuk mengumpulkan dan menyimpan data sehingga daat mepermudah dalam pengambilan keputusan. Data-data yang ada dan telah terkumpul selanjutnya diolah agar menjadi informasi yang berguna. Proses tersebut dinamakan data mining, dimana makna dari data mining itu sendiri adalah teknologi yang merupakan campuran metode-metode analisis data dengan algoritme-algoritme untuk memproses data berukuran besar. Pengertian lain mengenai data mining adalah proses menemukan sesuatu yang bermakna dari suatu korelasi baru, pola dan tren yang ada dengan cara memilah-milah data berukuran besar yang disimpan dalam repositori, menggunakan teknologi pengenalan pola serta teknik matematika dan statistik (Larose, 2005).

Banyak sekali pengimplementasian data mining di berbagai bidang. Salah satunya dibidang keuangan. Dimana dapat dianalisa bagian pasar dan manajemennya. Ada beberapa solusi yang dapat dianalisa pemakaiannya menggunakan data mining :

  • Menentukan target pasar
  • Salah satu fungsi dari data mining dengan cara pengelompokan (clustering). Data di kelompokkan dari model pembeli  selanjutnya dilakukkan klasifikasi terhadap setiap pembeli menurut karakteristik yang diinginkan. Seperti apa yang disukai, tingkat penghasilan, kebiasaan membeli dan karakteristik lainnya.
  • Mengetahui cara beli customer dari waktu ke waktu
  • Data mining dapat mengetahui cara beli customer. contohnya pembeli yang awalnya belum menikah biasanya menggunakan sistem pembayaran single account, namun setelah menikah ia memutuskan untuk pindah ke joint account. Kemudian cara belinya menjadi berubah.
  • Hubungan antara penjualan produk dengan produk lain
  • Kita dapat memanfaatkan data mining dengan cara melihat kecenderungan produk-produk apa saja yang biasanya dibeli bersamaan. Contoh, jika customer membeli sikat gigi maka ada kemungkinan ia juga membeli pasta gigi.
  • Mengetahui profil customer
  • Dari data mining kita dapat mengetahui profil dari customer. Contohnya kelompok customer yang sering membeli produk kecantikan atau produk-produk tertentu.
  • Mengidentifikasi kebutuhan customer
  • Kita dapat melakukan identifikasi terhadap beberapa produk yang cocok untuk customer. Cari tahu juga faktor apa saja yang dapat menarik minat untuk membeli produk yang ada.

Dari solusi tersebut dapat kita ketahui betapa pentingnya jika kita dapat memanfaatkan data mining dengan baik. 

*****

Sumber tambahan :

beyonder.asia

andyku.wordpress.com

academia.edu

markijar.com

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun