Mohon tunggu...
INDIRA RACHMAWATI
INDIRA RACHMAWATI Mohon Tunggu... Sekretaris - 23 years old

Kelas 1A Nim 20131057 (maba transfer)

Selanjutnya

Tutup

Travel

Papua, Surga Kecil yang Jatuh ke Bumi

21 Oktober 2020   10:34 Diperbarui: 21 Oktober 2020   10:51 279 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Papua, Surga Kecil yang Jatuh ke Bumi
dok. pribadi

Hen Tecahi Yo Onomi T'Mar Ni Hanased - "Dengan satu hati, kami membangun tanah ini, kalau dua hati bisa membuat perpecahan, keributan, kekacauan karena kerja medua hati, yang tentunya tidak setiap dengan pimpinannya," seperti itulah motto kota Jayapura.

Sentani, 1 Desember 2018 pukul 07.00 WIT tibalah saya di kota dengan julukan "Surga Kecil yang Jatuh ke Bumi".  1 kali transit dengan lama perjalanan +-8jam. Surabaya ke Makassar, lalu dilanjutkan Makassar ke Jayapura.

Destinasi pertama yang saya tuju, adalah

dok. pribadi
dok. pribadi
Ini masih Hidden Gem!! belum banyak di publikasikan di media sosial. Masih di kawasan Bandara Sentani, warga sekitar menamainya Kali Bening. karena letaknya dibawah Pegunungan Kapur yang sudah mulai terkikis karena ulah manusia.

dok. pribadi
dok. pribadi
Keesokan harinya, saya berkunjung ke tempat fenomenal di Jayapura, IYA!! Bukit Teletubbies di Sentani. Ini adalah kali pertama saya naik bukit. Kesannya, menarik, berkesan, dan ingin naik lagi. Perasaan saya saat masih berada di bawah, "bisa kah saya mencapai puncak?" hahaha karena jujur saja saya tidak ada pengalaman naik gunung dan juga saya termasuk obesitas. Melawan rasa ragu, saya hanya berpegang pada prinsip Arek-Arek Suroboyo! Salam Satu Nyali, Wani Thok!!

dok. pribadi
dok. pribadi
TADAAAAA!!! Here I'm. Woyyyy gue udah diatas nihh. Dengan dibantu support melewati tanjakan yang licin, ke-enggan-an untuk naik, berpikir ribuan kali naik-engga-naik-engga. Gak nyangka udah diatas ajaaa. Yaaah seperti turis (domestik) pada umumnya yaah, kita berselfie duluuu jo.

Petjahhhhhh coyyy rasanya!!

dok. pribadi
dok. pribadi
Seturun dari Bukit Teletubbies, isi perut dengan makanan sejuta umat, KFC, HAJAR COYYYY!!!

Ditengah perjalanan dari Sentani ke Kota Jayapura, saya menemukan ada acara upacara adat, dan SAYA TERCENGANG!!!

dok. pribadi
dok. pribadi
Tenyata begini penampakan warga daerah yang mengenakan baju adat papua, Koteka. Jujur saja saat itu, saya ingin turun dan mengikuti proses upacara adat. Baru saya ketahui, kalau hari itu merupakan hari kemerdekaan rakyat Papua. 

Tapi, saya dihalang-halangi oleh teman saya dengan alasan, itu tidak aman buat saya, karena saya berkulit putih, berwajah chinese, postur tubuh tinggi. Mereka akan mengira saya penyusup yang ingin merusak hari kemerdekaan mereka. Sedih sekali karena saya hanya bisa mengabadikan di dalam mobil saja. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x